Sentra Terpadu "Pangudi Luhur" Bekasi Semarakkan Perayaan HLUN Tahun 2022

Sentra Terpadu "Pangudi Luhur" Bekasi Semarakkan Perayaan HLUN Tahun 2022
TASIKMALAYA (28 Mei 2022) — Kementerian Sosial RI menyelenggarakan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-26 tahun 2022 di Kabupaten Tasikmalaya. Tasikmalaya merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang dihuni sekitar 1,7 juta jiwa, dimana sebagian diantaranya adalah lanjut usia. 

Kementerian Sosial RI melalui Sentra Terpadu “Pangudi Luhur” Bekasi terus berupaya untuk memberikan pelayanan optimal kepada para lansia, salah satunya melalui Layanan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI). Layanan ATENSI diberikan oleh Sentra Terpadu melalui pelayanan langsung yang meliputi pemenuhan kebutuhan hidup layak, perawatan sosial, dukungan keluarga, terapi (fisik, psikososial, mental dan spiritual), pelatihan vokasional dan/atau pembinaan kewirausahaan, bantuan sosial dan asistensi sosial serta dukungan aksesibilitas.

Layanan ATENSI ini diimplementasikan dengan memberikan layanan pemenuhan hidup layak bagi lansia berupa kebutuhan nutrisi, sandang, papan, dan obat-obatan. Pemberian dukungan aksesibilitas berupa tongkat adaptif, kursi roda adaptif, motor roda tiga, alat bantu dengar dan kacamata. Terdapat juga bantuan perlengkapan rumah dan sarana kamar bagi lansia. Selain itu diberikan juga bantuan kewirausahaan sebagai alternatif kegiatan produktif yang bisa mewujudkan kemandirian lansia secara sosial ekonomi. 

Penyaluran bantuan di salurkan di beberapa lokasi di Kabupaten Tasikmalaya diantaranya di Kecamatan Cigalontang, Kecamatan Cineam, dan di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Miftahul Irfan Desa Banyurasa, Kecamatan Sukaheuning.

Kepala Bagian Tata Usaha, Bambang Giantara menyampaikan target penyaluran yang telah dicapai oleh timnya . “Hingga hari ini, Sabtu 28 Mei 2022, Bantuan yang telah disalurkan ialah sejumlah 352 paket bantuan dari target 767 lansia”, Ujar Bambang.

“Melewati medan yang terjal, jalanan sempit dan berlumpur, bantuan diberikan langsung ke rumah para penerima manfaat oleh tim Sentra Terpadu. Sisa bantuan, akan diberikan pada acara puncak HLUN ke-26 pada tanggal 29 Mei 2022 berjumlah 415”, tambahnya.

Yoyoh Komariyah (60 th), salah satu penerima bantuan menyatakan rasa syukurnya kepada petugas. “Alhamdulillah saya sangat bersyukur karena sebelumnya belum pernah mendapatkan bantuan seperti sekarang ini”, Kata ibu Yoyoh.

Penulis :
Humas Sentra Terpadu “Pangudi Luhur”Bekasi
Editor :
David Myoga
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :