520 Kg Sawi Manis Produksi PM Balai Residen "Insyaf" Medan Laris Terjual

520 Kg Sawi Manis Produksi PM Balai Residen "Insyaf" Medan Laris Terjual
DELI SERDANG (27 Mei 2021) - Kementerian Sosial melalui Balai Residen "Insyaf " Medan sedang mengembangkan Sentra Kreasi ATENSI (SKA).

Kepala Balai Residen "Insyaf " Medan, Sulaiman menyampaikan balai saat ini mulai memproduksi tanaman sayur sebagai salah satu produk yang akan dipasarkan di Sentra Kreasi ATENSI (SKA) Balai Residen "Insyaf" Medan. 

"Saat ini kami memanfaatkan luasnya lahan balai yang dapat di kelola menjadi tempat pengembangan produk sayuran. Jenis tanaman yang akan di kembangkan di sini yaitu sawi manis, jamur tiram, ubi jalar dan cabai, dalam proses penanaman kami melibatkan instruktur  yang berpengalaman di bidang pertanian". ungkap Sulaiman.

Selain itu PM yang mempunyai potensi di bidang pertanian juga aktif terlibat dalam proses penanaman sayuran ini. 

"Dengan melibatkan PM bertujuan agar mereka memperoleh pengetahuan untuk mengembangkan kemampuan mereka demi meningkatkan semangat berwirausaha setelah menjalani rehabilitasi sosial". tambah Sulaiman. 

Kasie Layanan Rehabilitasi Sosial Ninik Khotijah menjelaskan hari ini kami sudah memanen sayuran sawi manis sebanyak 520 kg, untuk pemasarannya kami membangun relasi dengan pedagang sayur yang berada di pasar Kampung Lalang dan Marelan. Hasil penjualan sayur, kami serahkan seluruhnya kepada penerima manfaat untuk modal penanaman sayur kembali. 

Lebih lanjut Ninik juga menjelaskan penerima manfaat bukan hanya mendapatkan pengetahuan mengelola tanah, cara menanam sayur yang benar, pemupukan, dan perawatannya, namun kami juga melatih mereka bagaimana melakukan manajemen pemasarannya.

Penulis :
Humas Balai Insfaf Medan
Editor :
Annisa YH
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :