Balai Besar Disabilitas "Kartini" Tetapkan Layanan Multifungsi

Balai Besar Disabilitas "Kartini" Tetapkan Layanan Multifungsi
TEMANGGUNG (27 April 2021) - Balai Besar Disabilitas Kartini Temanggung menerima 3 (tiga) Penerima Manfaat (PM) Penyandang Disabilitas Mental (PDM) rujukan dari Balai "Margo Laras" Pati yaitu AMY, S dan C. Tim Balai "Margo Laras" Pati diterima secara langsung oleh Kepala Balai Besar Disabilitas "Kartini" Juena Br. Sitepu.

Juena menyatakan Balai Besar Disabilitas "Kartini" siap untuk memberikan layanan multifungsi sesuai dengan arahan dan kebijakan Menteri Sosial Tri Rismaharini, bahwa balai-balai di Kementerian Sosial harus siap untuk melaksanakan layanan ATENSI  multifungsi bagi seluruh masyarakat yang membutuhkan tanpa spesifikasi masalah. Balai harus mampu dan siap memberikan Layanan bagi seluruh Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

Ketiga PM tersebut yang berasal dari Kabupaten Temanggung, Wonosobo dan Sleman telah selesai mengikuti rehabilitasi sosial di Balai "Margo Laras" Pati dan dinyatakan sembuh dan siap kembali kemasyarakat. Mereka akan ditempatkan untuk  bekerja di Sentra Kreasi Atensi (SKA) Kartini Temanggung di bagian laundry, pembibitan tanaman hias dan pembuatan batik ciprat.

Ketiganya akan mengikuti training selama 2 minggu di SKA sebelum di tempatkan di bagian yang telah di siapkan dan selama training dan bekerja mereka akan di dampingi pekerja sosial agar terbiasa dengan pekerjaan yang akan mereka lakukan. Mereka bertiga sangat komunikatif dan merasa gembira. "Saya sangat gembira karena dipercaya bekerja di SKA Temanggung ini. Dan saya berjanji untuk semangat dalam bekerja," Kata AMY.

Selama bekerja di SKA Kartini mereka akan mendapat tempat tinggal sementara di balai sampai mereka mampu untuk hidup Mandiri di tengah masyarakat dan mereka akan mendapatkan penghasilan (gaji) yang besarannya  akan disesuaikan dengan kemampuan mereka dalam bekerja dan berusaha .

Setelah penandatanganan Berita Acara dan penyerahan berkas asesmen dan rehabilitasi ketiga PM tersebut di tempatkan di cottage didampingi oleh pekerja sosial pengampu dan terapis selama training dan  bekerja di SKA Kartini.

Penulis :
Humas Balai Besar Disabilitas "Kartini" Temanggung
Editor :
David Myoga

Bagikan :