Balai Lansia Budhi Dharma Bekasi Respon Kasus Lansia Ketergantungan Total di Tangsel

Balai Lansia Budhi Dharma Bekasi Respon Kasus Lansia Ketergantungan Total di Tangsel

TANGERANG SELATAN (21 Mei 2021) - Tim Respon Kasus dari Balai Lansia Budhi Dharma Bekasi Kementerian Sosial RI melakukan kegiatan penjangkauan kepada lansia yang bernama Rodion Pandu Shidarta (71) di Rempoa, Tangerang Selatan.


Balai Lansia Budhi Dharma Bekasi mengirimkan tim respon kasus yang terdiri dari tenaga kesehatan dan tenaga kesejahteraan sosial untuk melakukan pelayanan komprehensif kepada lansia tersebut serta melaksanakan asesmen dan memberikan motivasi untuk kesembuhan opa Oddy begitulah panggilan akrabnya.


Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk merespon laporan masyarakat dan keluarga bahwa lansia tersebut mengalami kesulitan dalam melaksanakan aktifitas sehari-harinya karena kelemahan fisik serta ketergantungan total yang diakibatkan dari penurunan fungsi tubuhnya sebagai lansia serta beberapa penyakit yang sedang dideritanya membuat fungsi tubuhnya semakin menurun.

 

Penurunan fungsi pada lansia didasarkan dari hasil pengkajian Activity Daily Living  (ADL) dan Instrumental Activity Daily Living  (iADL) yang dilakukan oleh petugas untuk mengetahui sejauh mana fungsi fisik dan kognitif serta mental seseorang dapat diukur dari seberapa mampu seseorang melakukan aktifitas sehari-hari dari kegiatan dasar hingga lanjutan.


“Karena keterbatasan ekonomi saya dan kakak saya serta saya pun harus mengurus anak saya yang penyandang disabilitas mental, saya merasa tidak mampu lagi merawat kakak saya, saya harap kakak saya dapat mendapatkan pelayanan secara komprehensif di Balai Lansia Budhi Dharma Bekasi,” Ucap R.K Widyastuti yang merupakan adik kandung lansia tersebut.

 

Atas permintaan keluarga, direncanakan opa Oddy akan dijemput oleh tim dari Balai Lansia Budhi Dharma Bekasi pada tanggal 25 Mei 2021 untuk mendapatkan pelayanan Atensi berbasis residensial di dalam balai.

 

“Saya mewakili keluarga sangat mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Sosial Khususnya Kepada Balai Lansia Budhi Dharma Bekasi telah berkunjung ke rumah saya untuk melihat keadaan kakak saya Oddy”,  kata Widyastuti.



 


Penulis :
Humas Balai Budhi Dharma Bekasi
Editor :
David
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :