Balai "Margo Laras" Sukseskan Vaksinasi COVID-19 bagi 107 PDM

Balai "Margo Laras" Sukseskan Vaksinasi COVID-19 bagi 107 PDM
PATI (24 Mei 2021) - Kementerian Sosial melalui Balai "Margo Laras" Pati bekerja sama dengan Puskesmas Margorejo melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada 107 Penyandang Disabilitas Mental (PDM) di Aula Balai "Margo Laras".

Kegiatan vaksinasi Covid-19 yang diberikan kepada 107 PDM Penerima Manfaat berbasis residensial Balai "Margo Laras" dipantau langsung Dinas Kesehatan Kabupaten Pati. Kegiatan vaksinasi Covid-19 ini merupakan upaya Balai "Margo Laras" untuk mensukseskan program vaksinasi nasional Covid-19 yang dicanangkan pemerintah, terang Kepala Balai "Margo Laras" Jiwaningsih.      

"Kita berkomitmen bersama untuk memberikan ATENSI  dukungan aksesibilitas berupa vaksinasi Covid-19 kepada seluruh penyandang disabilitas berbasis residensial yang menjadi kelompok rentan terdampak pandemi Covid-19,” kata Jiwaningsih.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 secara keseluruhan berjalan lancar, meskipun ada salah satu Penerima Manfaat yang harus diobservasi selama 15 menit karena hipertensi,jelasnya. 

“Secara umum berjalan sukses, semua penerima manfaat lengkap mendapatkan vaksinasi Covid-19  tahap 1", ungkap Jiwaningsih. 

"Kepada petugas Balai "Margo Laras", dapat berkoordinasi lebih lanjut ke dokter Veny, penanggungjawab Vaksin.Pasca pemberian Vaksin bagi penerima manfaat, jika ada reaksi efek samping atau keluhan dapat berkonsultasi langsung dengan beliau, direncanakan vaksin tahap dua pada tanggal 21 Juni 2021," tutur Budo, Kepala Puskesmas Margorejo.

Penerima manfaat dengan pendampingan petugas Balai, menuju ruang Aula dengan mematuhi protokol kesehatan, mengenakan masker, mencuci tangan dan pengecekan suhu tubuh. Kemudian mereka diarahkan perawat untuk registrasi, kemudian screening riwayat penyakit dan keluhan umum dilanjutkan vaksin dan observasi selama 15 menit.

"Saya merasa lapar, dan mengantuk, dan sedikit nyeri dibekas suntik, tapi tidak ada keluhan pusing, ataupun sesak napas," ujar Atik, salah satu cerita penerima manfaat penderita asma dan diabetes yang dinyatakan lolos screening.

Kegiatan vaksin berjalan dengan lancar, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid - 19 sebagai tindak lanjut surat Mensos RI No B-44/MS/B/03/RH.01.02/3/2021 pada tanggal 31 Maret 2021 perihal Vaksin Covid-19 bagi penyandang disabilitas.

Penulis :
Humas Margo Laras Pati
Editor :
Annisa YH

Bagikan :