Balai "Toddopuli" Beri Dukungan Psikososial bagi Anak Terdampak Puting Beliung

Balai "Toddopuli" Beri Dukungan Psikososial bagi Anak Terdampak Puting Beliung
SIDRAP (19 Mei 2021) - Menindaklanjuti arahan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini agar Balai-balai Rehabilitasi Sosial juga merespon cepat bencana alam, Balai Toddopuli melaksanakan kegiatan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) dan juga memberikan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) kepada 61 orang anak yang terdampak bencana angin puting beliung di Kabupaten Sidrap.

Bertempat di Aula Kantor Camat Dua Pitue kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sidrap didampingi oleh Camat Dua Pitue.

Tamsil Jayadi, Pekerja Sosial Muda yang mewakili Kepala Balai Toddopuli mengatakan kegiatan LDP ini adalah tindak lanjut dari kegiatan Asesmen komprehensif yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Dari data Asesmen yang kami peroleh, kami membagi ke beberapa kelompok usia anak, yakni 0 - 5 tahun, 6 - 13 tahun dan 15 - 18 tahun. Selain pelaksanaan LDP kami juga memberikan Bantuan ATENSI sesuai usia mereka.

Dalam Sambutannya, Soalihin, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sidrap mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Sosial RI khususnya Balai Toddopuli di Makassar yang telah merespon bencana alam angin puting beliung yang telah terjadi. Dirinya berharap bantuan yang diberikan oleh Balai bisa bermanfaat bagi anak dan keluarganya.

Andi Sammang, Camat Dua Pitue, juga berterima kasih atas perhatian besar Kementerian Sosial terhadap Masyarakat Dua Pitue yang telah mendapatkan musibah. Dan berharap agar kondisi Anak anak yang terdampak bisa kembali baik, dan dapat menjalankan aktivitas nya seperti hari hari sebelumnya.

Kegiatan LDP dibagi menjadi 2diakelompok usia yakni anak dan remaja. Usia anak-anak diberikan permainan menggambar dan mewarnai. Sedangkan untuk usia remaja Pekerja Sosial mengajak mereka bermain dinamika kelompok, hula hoop dan bernyanyi.

Setelah pelaksanaan LDP dilanjutkan dengan Penyerahan Bantuan ATENSI berupa pemenuhan Gizi anak dan diserahkan langsung kepada anak-anak terdampak angin puting beliung.

Penulis :
Humas Balai Toddopuli Makasar
Editor :
Intan Qonita N
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :