Bazar Ramadan Kemensos, Balai "Phala Martha" Raih Penghargaan dari Mensos Risma

Bazar Ramadan Kemensos, Balai "Phala Martha" Raih Penghargaan dari Mensos Risma
JAKARTA (7 Mei 2021) - Balai Phala Martha Sukabumi turut memeriahkan Bazaar Ramadhan 1442 H yang bertajuk "Belanja Murah Bareng Mensos" di halaman Kantor Kementerian Sosial RI Jalan Salemba Raya No. 28 yang juga diikuti oleh berbagai Balai Kementerian Sosial lainnya.

Tim Balai Phala Martha yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai, Cup Santo bersama Kasie Layanan Rehabilitasi Sosial, Deri Septiadi Dimyati, Instruktur Keterampilan beserta beberapa staf dan Penerima Manfaat (PM) turut hadir dalam kegiatan ini. Bazaar Ramadhan berlangsung selama 2 hari terhitung sejak hari Kamis - Jumat, 6 s.d 7 Mei 2021. 

Berbagai macam produk hasil PM seperti telur asin, sumpia chibi-chibi, rangginang, keripik talas, kunyit asem, jahe merah buah dan serbuk, kacang nyumput, kue kering, keset, dan masker dapat ditampilkan dan diperjualbelikan di acara tersebut. Selain itu, hasil perkebunan seperti singkong pun turut dipersembahkan dalam acara bazaar tersebut.

Berbagai masukan dan pujian datang dari pengunjung memberikan apresiasi terhadap hasil PM yang ditampilkan. "Kemasan telur asinnya menarik dan ikonik. Desain dan kemasan kue kering nya juga sangat menarik, sangat bisa untuk bersaing di pasaran", Kata Staf Khusus Menteri Sosial Bidang Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial Luhur Budijarso. 

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Harry Hikmat mengapresiasi produk jahe merah yang dihasilkan. "Jahe merah sudah bagus, selanjutnya segera urus izin produk seperti BPOM dan Sertifikasi Halal", ucap Harry.

Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian, Amin Raharjo juga memberikan tanggapan terhadap produk jahe merah. "Jahe merah bisa diperbanyak produksinya, selain berbasis kearifan lokal juga menyehatkan untuk tubuh," ujar Amin. Rempah-rempah sangat mudah didapatkan di Sukabumi, hal ini bisa menjadi peluang jahe merah dijadikan alternatif produk unggulan Balai Phala Martha, tambahnya. 

Hal yang membanggakan dari kegiatan bazaar, Balai Phala Martha mendapatkan piagam penghargaan dari Menteri Sosial Tri Rismaharini sebagai Balai dengan Kemasan Telur Asin Terbaik. Piagam tersebut diserahkan oleh Menteri Sosial dan diterima langsung oleh penerima manfaat, Siti Nurhayati yang didampingi oleh Kepala Balai.

Pelaksanaan Bazaar dilakukan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Tim Satgasus Covid- 19 Kemensos selalu berpatroli dan memantau serta menghimbau agar para pengunjung Bazaar tetap menjaga jarak, selalu mencuci tangan dan tetap memakai masker. 

Bazaar Ramadhan Bareng Ibu Mensos membawa berkah. Semua produk hasil penerima manfaat Balai Phala Martha yang ditampilkan dalam bazaar ludes dan habis terjual dengan omset penjualan senilai Rp. 3.652.000 dalam 2 hari.



Penulis :
Humas Balai Phalamarta Sukabumi
Editor :
Annisa YH
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :