Gelar Uji Coba SKA Balai Karya "Mulya Jaya" Ramai Pengunjung

Gelar Uji Coba SKA Balai Karya "Mulya Jaya" Ramai Pengunjung
JAKARTA (2 Juni 2021) - Balai Karya "Mulya Jaya" di Jakarta gelar Uji Coba Sentra Kreasi ATENSI (SKA) yang menjadi pusat pengembangan kewirausahaan dan vokasional bagi Penerima Manfaat (PM). Tujuan dibentuknya SKA antara lain untuk memasarkan hasil karya PM maupun Eks PM yang telah mendapatkan layanan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI).

SKA juga dibentuk untuk meningkatkan kemandirian PM dan Eks PM secara ekonomi. Hal ini sesuai dengan arahan Menteri Sosial, Tri Rismaharini bahwa SKA merupakan tempat dimana para warga telantar/marjinal diberikan rehabilitasi sosial agar bisa berkreasi dan mendapatkan akses untuk kehidupan yang lebih baik serta berdaya secara ekonomi.

Kepala Balai Karya "Mulya Jaya", Ai Herliyah menjelaskan bahwa uji coba ini sesuai arahan Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Harry Hikmat dan merupakan perkenalan kepada masyarakat yang berada di sekitar Balai dan untuk mendapat masukan serta minat pengunjung. "Kegiatan ini kami buka pada hari ini sebagai sarana informasi dan perkenalan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar balai dan nantinya akan dibuka secara resmi oleh Menteri Sosial dan Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial", ujar Ai. 

"Diluar dugaan, ternyata baru dibuka SKA Mulya Jaya sudah ramai pengunjung dari berbagai kalangan seperti masyarakat komplek, pegawai Rumah Sakit Pasar Rebo, dan lainnya", tambah Ai. 

SKA Balai Karya "Mulya Jaya" menyediakan berbagai produk hasil karya PM diantaranya hasil kerajinan tangan berupa sandal, bunga, tas, dan masih banyak lagi. Selain itu ada pula hasil menjahit seperti sprei, mukenah, pakaian dewasa, anak, tutup kulkas. Para pengunjung juga dapat menikmati langsung hasil olahan kuliner para PM yang terdiri dari lontong sayur, mie ayam, nasi pecel, pempek palembang, dimsum, roti bakar, pisang bakar, aneka gorengan dan minuman. Tidak ketinggalan hasil budidaya tanaman seperti sayur pakcoy, kangkung, bayam merah dan bayam hijau. 

Pengunjung juga dapat memanjakan diri dengan mencoba layanan salon berupa creambath, facial, gunting, cuci, dan blow rambut dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp. 30.000 - Rp 100.000. SKA Mulya Jaya juga menyediakan Mini Mart yang menjual berbagai kebutuhan pokok sehari-hari dan jasa laundry hanya 6 ribu/kg. 

"Saya senang sekali ya dengan adanya SKA ini dilingkungan kita. Kami warga disini jadi punya tempat santai di tengah komplek. Apalagi pilihan makanannya juga banyak dan enak. Saya dengar nantinya masih banyak lagi jenis makanan yang akan dijajakan disini. Fasilitasnya juga bagus, bersih. Mungkin bisa disediakan juga smoking area agar lebih nyaman lagi berada disini ", kata Indri salah seorang pengunjung. 

Uji Coba SKA Mulya Jaya juga dihadiri juga oleh Kepala Balai Penyandang Disabilitas "Melati" Jakarta dan Kepala Balai Karya "Pangudi Luhur" Bekasi. Antusias masyarakat di hari pertama pembukaan SKA memacu semangat para PM agar dapat menyajikan hasil karya yang lebih baik lagi. Setiap kritik dan saran yang disampaikan oleh pengunjung akan dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan layanan yang disediakan di SKA.

Penulis :
Humas Balai Mulya Jaya Jakarta
Editor :
Annisa YH
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :