Jangan Takut! Begini Penjelasan Potensi Gempa di Pulau Jawa

Hai #KawanLinjamsos, perlu diketahui bahwa Indonesia berada pada zona Ring of Fire (Cincin Api). Ini merupakan zona dimana terdapat banyak aktifitas seismik yang terdiri dari busur vulkanik dan parit-parit (palung) di dasar laut. Cincin Api memiliki panjang lebih dari 40.000 km memanjang dari barat daya Amerika Selatan di bagian timur hingga ke sebelah tenggara Benua Australia di sebelah barat. 

Pada zona yang disebut Cincin Api inilah banyak terjadi gempa dan letusan gunung berapi. Maka tak heran, jika di wilayah Indonesia kerap kali terjadi gempa bumi, baik dengan magnitudo besar maupun kecil. Untuk itu, masyarakat diminta untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempabumi hingga tsunami yang sewaktu-waktu dapat terjadi. 

Tidak perlu takut! Yang dibutuhkan saat ini adalah kepedulian terhadap mitigasi bencana atau pencegahan. Masyarakatpun harus membuka pengetahuan seluas-luasnya tentang resiko dan potensi musibah tersebut. Nah, Pulau Jawa khususnya Jawa Barat, terdapat beberapa sesar aktif yang berisiko menimbulkan gempabumi. Seperti apa potensi terjadinya gempabumi?

Berikut ini penjelasan dari BMKG pada saat rapat koordinasi Kawasan Siaga Bencana yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial.

Penerjemah :
Alif Mufida Ulya

Bagikan :