Karang Taruna Tangsel Aktif Berdayakan Ekonomi Rakyat

Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan semangat para pemuda di Kota Tangerang Selatan bergiat dengan pengelolaan usaha produktif. Melalui Karang Taruna, para pemuda mengembangkan berbagai usaha, dari perikanan, udang galah, kerajinan dan kegiatan sosial.

Karang Taruna Kelurahan Setu, misalnya, sedang giat mengembangkan berbagai usaha produktif, dari perikanan, dan udang galah. Menurut Pembina Karang Taruna Setu Syahrul, usaha ekonomi dinilai mampu membantu meringangkan sebagian beban hidup masyarakat sekitar.

Usaha ekonomi kecil ini mampu menciptakan lahan pekerjaan bagi pemuda setempat dan memanfaatkan lahan yang terbengkalai sebagai lahan usaha juga. “Keramba yang ada sudah puluhan dengan memanfaatkan lahan sawah yang sudah tidak terpakai, juga danau di belakang kelurahan. Usaha ini melibatkan anak-anak muda yang tidak punya pekerjaan,” katanya.

Selain memberdayakan pemuda yang masih menganggur, usaha keramba ini juga bisa mempekerjakan tukang-tukang pembuat keramba, lanjutnya. “Sesuai dengan moto Karang Taruna Setu, Bang Diki (Bangkit Mandiri di Kaki Sendiri), serta Bang Wira (Pengembangan Wirausaha), Karang Taruna Setu berupaya agar masyarakat bisa bertahan di masa pandemi,” kata Ketua Karang Taruna Setu tahun 2021-2025 Ade Aulia


Penerjemah :
Intan Qonita N

Bagikan :