Kemensos Beri Dukungan Psikososial Pendidikan dan Nutrisi untuk Keluarga Letda Rintoni

Kemensos Beri Dukungan Psikososial Pendidikan dan Nutrisi untuk Keluarga Letda Rintoni
WONOGIRI (26 April 2021) - Kementerian Sosial melalui  Loka Karya "Kahuripan" di Sukabumi mengirimkan tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) untuk mengunjungi keluarga Letda Rintoni dengan tujuan memberikan pendampingan dan penguatan moril sesuai dengan arahan yang diberikan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini.

"Saya ikhlas pak" demikian ungkapan yang disampaikan oleh Kasnapi (61), ayah kandung Letda Rintoni, ketika Tim  LDP Loka Karya "Kahuripan" berkunjung ke Rumah Letda Rintoni yang terletak di Desa Bulu Rejo Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri.Kasnapi sebenarnya tinggal di Kabupaten Pemalang, namun ketika ada berita duka tenggelamnya kapal selam KRI Nenggala 402 segera dia berkunjung ke rumah yang ditempati anak beserta istri dan kedua cucunya untuk memberikan dukungan dan semangat.

Kasnapi menceritakan Rintoni merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Rintoni sejak kecil terkenal pendiam namun sangat bertanggungjawab. Ia mengaku putra kesayangannya itu sering berkomunikasi dengan dirinya atau istrinya meskipun hanya melalui sambungan telepon.

Rintoni yang menikahi Mawar Vinolita (35) pada tahun 2012 langsung memutuskan untuk pindah dari Pemalang ke Wonogiri. Sekarang mereka dikarunia dua orang putri yang lucu bernama Aerilyn Belvana Rintoni (6) dan Hilya Nova Prawira Rintoni (16 bulan).

Mawar Vinolita mengungkapkan bahwa Rintoni sebelum peristiwa tenggelamnya Kapal selam Nanggala 402 seperti biasa pulang ke Rumah pada hari Sabtu dan Minggu. Kemudian pada saat pamit, Mawar mengatakan tidak ada firasat apapun karena suaminya pergi bekerja seperti biasa.

Mawar terlihat sangat tegar, walaupun mungkin masih menyimpan kesedihan yang dalam. Mawar merasa putrinya yang pertama walaupun masih kecil tapi cukup dewasa dalam menyikapi musibah ini. Selain itu dukungan yang besar dari keluarga handai taulan dan kerabat serta masyarakat sekitar membuat dia cepat pulih dari perasaan duka.

Tim LDP Loka Karya "Kahuripan", dipimpin langsung oleh Kepala Loka Karya "Kahuripan", Dede Khaerufirdaos, menyampaikan salam dan ucapan turut berduka cita pada keluarga atas nama Menteri Sosial.

Selain itu Dede juga menyampaikan bahwa Kementerian Sosial hadir untuk memberikan dukungan psikososial bagi keluarga dan bantuan lain yang dibutuhkan oleh kelurga terutama kelangsungan pendidikan bagi putri Letda Rintoni. Diakhir pertemuan Tim LDP menyampaikan bantuan nutrisi bagi putri Letda Rintoni yang langsung diterima oleh istrinya yang menyampaikan terima kasih atas dukungan dan bantuan yang telah diberikan oleh Kementerian Sosial.

Penulis :
Humas Loka Karya Kahuripan Sukabumi
Editor :
David Myoga
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :