Kemensos Berikan Layanan Dukungan Psikososial bagi Anak Korban Bencana Banjir Bima

Kemensos Berikan Layanan Dukungan Psikososial bagi Anak Korban Bencana Banjir Bima
BIMA  (04 April 2021) - Kementerian Sosial melalui Balai Anak Paramita Mataram memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) kepada anak-anak korban bencana banjir bandang di Kabupaten Bima. Tim Setibanya di Bima, Tim Balai Anak Paramita melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Bima dan disambut Kepala Bidang Linjamsos, Ismud.

Kegiatan LDP akan dilaksanakan di Kecamatan Bolo, salah satu kecamatan yang terdampak parah di Kabupaten Bima dan membutuhkan segera bantuan sosial berupa makanan siap saji. Tim Balai Anak Paramita membawa beberapa barang bantuan diantaranya 10 box makan siap saji yang masing-masing berisi 12 pack, 10 box bahan makanan anak yang masing-masing berisi 6 paket, 25 matras dan 15 kasur.

Tim melakukan kegiatan LDP bersama 120 anak yang berada di sekitar posko bantuan bencana di desa Sanolo Kecamatan Bolo. Tim LDP Balai Anak Paramita yang terdiri atas 4 orang didampingi Pekerja Sosial Pendamping Anak Kabupaten Bima, Abd. Rahmat Hidayat dengan cepat melakukan LDP guna mengurai kecemasan pada anak yang mulai timbul akibat bencana banjir yang di alaminya 2 hari yang lalu. Daerah ini merupakan kawasan yang terdampak banjir cukup parah. Sedikitnya 3 kecamatan terdampak disini, yakni Monta, Woha, dan Bolo,"kata Hidayat. 

Layanan Dukungan Psikososial yang diberikan oleh tim reaksi cepat merupakan salah satu bagian dari Asistensi Rehabilitasi Sosial Anak (ATENSI Anak). Wujud dari LDP yang diberikan oleh Tim berupa Ice Breaking dan membentuk Recreational Group. “Anak-anak cukup antusias mengikuti LDP ini, antusiasme mereka tunjukkan dari pancaran kegembiraan mengikuti permainan-permainan yang diberikan. Tak hanya itu, mereka terlihat melupakan tragedi yang menimpanya kemarin," tutur Edy Karyadi, salah satu petugas Ice Breaker.

Pada kesempatan itu, Tim LDP juga memberikan barang bantuan berupa makanan anak sehingga mereka menjadi lebih riang pasca mengikuti kegiatan. Adapun 1 paket bahan makanan berisi biskuit marie susu 3 pcs, biskuit malkist 3 pcs, biskuit rasa kelapa 2 pcs. "Terima kasih kakak-kakak dari Paramita Kementerian Sosial yang sudah peduli terhadap kami, yang sudah mengajak kami bermain dan tertawa, kami senang," kata Putri, seorang anak korban bencana banjir.

I Ketut Supena, selaku Kepala Balai mengatakan, "Penting dilakukan kegiatan LDP agar anak anak tumbuh keceriaannya dan bisa dengan cepat melupakan peristiwa yg menimpa mereka sebelumnya. Dan tidak menjadi trauma yg berkepanjangan."

Den Ardani, Penyuluh Sosial Balai Anak Paramita mengemukakan pendapatnya bahwa barang bantuan yang akan diberikan untuk korban sebaiknya diberikan di posko bantuan bencana, sehingga tim posko dapat mendistribusikan barang bantuan secara merata kepada sasaran sesuai dengan hasil asesmen kebutuhan masyarakat.




Penulis :
Humas Balai Anak Paramita Mataram
Editor :
Annisa YH
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :