Kemensos Berikan Layanan Dukungan Psikososial Korban Banjir di Tanah Bumbu

Kemensos Berikan Layanan Dukungan Psikososial Korban Banjir di Tanah Bumbu

TANAH BUMBU(15 Mei 2021) - Kementerian Sosial Melalui Balai Budi Luhur Banjarbaru melaksanakan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) berupa Layanan Dukungan Psikososial (LDP) terhadap korban banjir di Desa Sinar Bulan Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. 


Banjir yang terjadi sejak hari Kamis bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri (13/5) menenggelamkan rumah dan lahan pertanian. Banjir yang melanda Desa Sinar Bulan  membuat 52 Kepala Keluarga (KK) yang terdiri dari 185 jiwa terpaksa mengungsi dan merayakan Hari Raya  Idul Fitri di tempat pengungsian. Saat ini warga yang rumahnya terendam banjir menempati SMPN 4 Satui sebagai tempat pengungsian sementara.


Kepala Balai Budi Luhur Banjarbaru, Herry Pawoko menjelaskan Balai Budi Luhur menerjunkan Tim LDP sebanyak 6 Orang yang terdiri dari Penyuluh Sosial dan Pekerja Sosial.  Fokus utama kegiatan LDP ini ditujukan kepada anak-anak korban banjir, dimana seharusnya dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri mereka merasakan kesenangan tetapi dengan musibah banjir ini mereka dengan terpaksa harus tinggal di tempat pengungsian. 


Tujuan LDP ini antara lain melakukan trauma healing berupa pembentukan kepercayaan diri, sharing pengalaman, dukungan secara psikososial yang bertujuan  mengurangi rasa trauma dan memulihkan semangat hidup untuk kembali beraktifitas secara normal bagi korban banjir khususnya anak anak. “Yang kami lakukan adalah menghilangkan trauma anak – anak akibat banjir kemarin, semoga dengan sedikit bantuan dari kami bisa menghibur anak – anak disini” Jelas Herry.


Selain memberikan LDP Balai Budi Luhur Banjarbaru juga memberikan bantuan kepada korban banjir berupa bahan makanan yang terdiri dari 200Kg beras, 50 dus mie instan, 6 rak telur ayam, 50 dus air mineral, makanan untuk anak - anak, masker dan hand sanitizer.

 

Kepala Desa Sinar Bulan Arifin sangat mengapresiasi kedatangan  Tim LDP Balai Budi luhur di Desa Sinar Bulan.  “Terima kasih Kemensos dan Balai Budi Luhur sudah memberikan bantuan bahan makanan. Terima kasih juga sudah menghibur anak - anak desa kami yang tadinya sedih karena tidak bisa berhari raya Idul Fitri di rumah, tapi kini mereka semua ceria kembali. Semoga banjir cepat surut agar kami bisa kembali  kerumah masing masing,” ungkap Arifin.




 

 


Penulis :
Humas Balai Budi Luhur Banjar Baru
Editor :
David
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :