Kemensos Hadir Berikan Bantuan Sosial Bagi Warga Terdampak Bencana Longsor di Ciambar, Sukabumi

Kemensos Hadir Berikan Bantuan Sosial Bagi Warga Terdampak Bencana Longsor di Ciambar, Sukabumi

SUKABUMI (2 Mei 2021) - Kementerian Sosial melalui Balai Disabilitas "Phala Martha" di Sukabumi HADIR menerjunkan Tim Respon Darurat untuk memberikan Bantuan Sosial Logistik bagi warga terdampak longsor di Kampung Awi Lega Desa Ginanjar Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi.

 

Sebagaimana arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini, bahwa Kemensos akan merespon setiap kondisi kedaruratan bencana, tim "Phala Martha" yang dipimpin oleh Koordinator Seksi Asesmen dan Advokasi Sosial, Umar Khaerudin bersama pekerja sosial dan penyuluh sosial terjun untuk melihat langsung lokasi bencana serta memberikan bantuan sosial kepada warga terdampak longsor. Bantuan diserahkan di posko kecamatan dan diterima oleh Kepala Desa Ginanjar. 

 

“Kami mewakili Balai Phala Martha menyampaikan turut berduka atas musibah longsor yang menimpa warga Ciambar”, ucap umar. “Pada kesempatan ini kami berikan bantuan berupa beras, mie instan, peralatan mandi, susu dan obat-obatan untuk warga yang terdampak”, tambahnya.

 

Kepala Desa Ginanjar, Iwan Ridwan menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Sosial melalui Balai Phala Martha yang telah Hadir mengunjungi warga Ciambar yang terdampak bencana longsor.  “Bantuan yang telah diberikan, akan kami sampaikan kepada warga yang menjadi korban longsor”, tutur Iwan.

 

“Tanah longsor yang terjadi di Desa Kami pada hari sabtu sore (1/5/2021), memakan korban seorang anak berusia 5 tahun bernama Abdul Kholik meninggal dunia, Ibu Atik (35 tahun) luka berat dan Maman (40 tahun) luka ringan”, ungkap iwan.

 

“Tanah longsor dari tebing sepanjang 30 meter dengan tinggi 100 meter di lokasi persawahan itu mengakibatkan rumah yang berada ditebing tersebut rusak. Material tanah longsor merusak 3 rumah yang terdiri dari 2 rumah rusak berat dan 1 rumah rusak ringan. Selain itu, sepeda motor, lahan sawah dan 120 ekor bebek ternak juga ikut tertimbun material longsor”, pungkasnya.

 

Tim Balai Phala Martha berkesempatan melihat langsung lokasi longsor dengan didampingi oleh Ketua RW 08 dan Jaelani salah satu anggota Tagana Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi. Pada saat di lokasi, tim belum bisa bertemu langsung dengan korban, karena masih menjalani perawatan di RSUD R. Syamsudin, SH Kota Sukabumi.

 

 


Penulis :
Humas Balai Disabilitas Phala Martha Sukabumi
Editor :
David
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :