Kemensos Hadir untuk Korban Banjir Disabilitas Mental

  • Kemensos Hadir untuk Korban Banjir Disabilitas Mental
  • WhatsApp Image 2021-02-21 at 19.21.41
  • WhatsApp Image 2021-02-21 at 19.34.10
  • WhatsApp Image 2021-02-21 at 19.34.09
PATI (17 Februari 2021) - Pada tahun ini, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, beberapa wilayah Kabupaten Pati dilanda banjir yang diakibatkan oleh curah hujan dengan intensitas tinggi serta meluapnya sungai Silugonggo yang melewati wilayah Pati, akibat debit air naik. Sehingga melumpuhkan aktifitas warga.

Daerah-daerah yang dilanda banjir meliputi 6 Kecamatan terdiri dari 43 desa, namun yang terdampak parah adalah 5 desa yang terletak di Kecamatan Gabus, yaitu  Desa Banjarsari, Mintobasuki, Tanjang, Kosekan dan Babalan. Desa-desa tersebut tergenang setinggi antara 70 - 100 cm, karena banjir tahun ini dirasakan paling parah.

"Banjir yang melanda wilayah ini bisa bertahan sampai berhari hari dan hitungan bulan  untuk bisa surut kembali, tergantung  tingkat keparahan genangan banjir" kata Supodo, Kasie Pelayanan Desa Banjarsari, "Rata-rata penduduk di wilayah tersebut tidak mau mengungsi, terutama para penyandang disabilitas mental yang ada pada keluarga-keluarga tersebut", tambahnya.

Merespon kondisi tersebut Kementerian Sosial melalui BRSPDM Margo Laras di Pati memberikan bantuan Atensi berupa bantuan pemenuhan kebutuhan sehari-hari terdiri dari paket sembako, alat pelindung diri berupa masker dan sabun antiseptik. Adapun sasaranya dengan target 5 desa  yaitu Banjarsari, Mintobasuki, Tanjang, Kosekan dan Babalan sejumlah 24 paket untuk 24 orang disabilitas yang tersebar di 5 desa tersebut.

Tim TRC Margo Laras sangat memaklumi sulitnya menuju lokasi tujuan untuk mendistribusikan bantuan bagi penyandang disabilitas sehingga diperlukan naik perahu mengarungi banjir. Supodo dan Supriyati istri Kades Banjarsari pun turut serta mendampingi distribusi bantuan Atensi ini. Saat mengarungi genangan banjir dan proses pemberian bantuan, diperoleh informasi dan terlihat  para penyandang disabilitas mental enggan mengungsi dan memilih tidur diatas meja yang dipenuhi genangan banjir.

Dari penuturan mereka diketahui bahwa mereka sangat berterimakasih atas kepedulian Margo Laras sehingga dapat membantu kebutuhan sehari hari, sebagaimana diungkapkan oleh Budi salah satu penyandang disabilitas mental yang memperoleh bantuan, menyampaikan ucapan terimakasih dan senang mendapatkan bantuan ini.


Penulis :
Humas Balai Disabilitas Margo Laras Pati
Editor :
Annisa YH

Bagikan :