KUBE “Barokah” Sukses Berdayakan Ekonomi Masyarakat Miskin

KUBE “Barokah” Sukses Berdayakan Ekonomi Masyarakat Miskin

MAGELANG (10 Juni 2021) – Untuk mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat miskin, Kementerian Sosial RI membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

 

KUBE merupakan kelompok keluarga miskin Penerima Manfaat (PM) yang dibentuk, tumbuh dan berkembang guna melaksanakan Usaha Ekonomi Produktif (UEP).

 

Tujuan KUBE untuk mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan sosial keluarga miskin.

 

KUBE beranggotakan 5-20 Kepala Keluarga miskin yang masuk dalam Data Terpadu Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu (DTPFMOTM).

 

Kepala Desa Kemutuk, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Siswanto, menuturkan di wilyahnya terdapat KUBE “Barokah” berdiri sejak 2019.

 

“Pendirian diawali mengajukan proposal melalui Dinas Sosial Kabupaten Magelang, serta memenuhi berbagai persyaratan administratif lainnya, Selasa (8/6/2021).

 

Memang, terdapat banyak proposal yang diajukan, seperti Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), Sarana Lingkungan (Sarling) serta KUBE.

 

Di Desa Kemutuk, proposal dana yang diajukan KUBE yang oleh pengurus dibelikan sapi. Lalu, dikenal KUBE Sapi Barokah mengingat kondisi pegunungan yang dekat dengan lahan Perhutani menjadikan pakan ternak gampang didapatkan.

 

"Saat ini, kondisi sapi sehat dan besar serta salah satu sapi sudah melahirkan," ujar Siswanto.

 

Selain peternakan sapi di Desa Kemutuk, juga cocok dijadikan tempat untuk peternakan kambing dan biri-biri dengan kondisi alam yang subur.

 

"Ada nilai ekonomis dari ternak sapi, seperti kotorannya dimanfaatkan warga untuk pupuk kandang di lahan pertanian milik warga sekitar," ungkap Siswanto.

 

Staf Desa Kemetuk yang mendampingi berkoordinasi dari KUBE “Barokah”, Ikul pada Pemerintah Desa menyatakan KUBE Barokah bisa membantu masyarakat.

 

“Kehadiran dari KUBE Barokah untuk pemberdayaan masyarkat sekitar.  Semoga bisa terus untuk meningkatkan kesejahteraan para anggota, ” tandasnya.

 

Bagi kelompok masyarakat bisa terbantu dengan rintisan KUBE, khususnya yang  terkait dengan pemberdayaan ekonomi agar lebih sejahtera.

 

“Bantuan KUBE untuk menyejahterakan para anggotanya, sekaligus tadi ada penambahan ternak sapi dari Kemensos, ” pungkas Ikul.

 

 

Biro Hubungan Masyarakat

Kementerian Sosial RI


Penulis :
Dasep Samsul Bahri

Bagikan :