Loka "Darussa’adah" Aceh Respon Anak Korban Kebakaran

Loka "Darussa’adah" Aceh Respon Anak Korban Kebakaran
ACEH BESAR (6 Mei 2021) - Kementerian Sosial melalui Loka “Darussa’adah” di Aceh melakukan asesmen terhadap penerima manfaat (PM) anak korban kebakaran di Desa Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar. Sejumlah empat keluarga telah di asesmen oleh pekerja sosial guna mengetahui  kebutuhan yang diperlukan. 

“Loka “Darussa’adah” di Aceh berinisiatif membatu anak korban kebakaran melalui program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) berbasis keluarga, yaitu layanan rehabilitasi sosial yang dilakukan langsung di keluarga/rumah korban. 

Layanan ini diberikan bagi anak dalam keluarga yang mengalami situasi darurat. Layanan yang akan diberikan disesuaikan dengan hasil asesmen supaya tepat guna," jelas Kasubsi Layanan Rehabilitasi Sosial, Raharjo.

Hasil asesmen nantinya akan di tindaklanjuti oleh pekerja sosial dalam melakukan intervensi, diketahui tiga dari empat keluarga tersebut belum mendapat bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 

Selain mengakseskan kepada program Kemensos yang lain, pekerja sosial juga akan memberikan dukungan psikososial untuk anak. “Dukungan psikososial dilakukan bertujuan untuk mengurangi rasa trauma anak terhadap peristiwa kebakaran yang dialami," ujar Pekerja Sosial, Erna.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Desa Gampong Gani, Kasi Kesra Ingin Jaya, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Ingin Jaya dan tokoh masyarakat setempat.

Sebelumnya peristiwa kebakaran menghanguskan empat unit rumah yang terjadi pada Kamis, 29 April 2021 sekitar pukul 18.56 WIB saat waktu berbuka puasa. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut tetapi karena kontruksi rumah dari kayu, api dengan cepat menjalar dan dengan mudah menghabiskan seisi rumah, imbasnya harta benda korban tidak berhasil diselamatkan.

Penulis :
Loka Anak Daarussaadah Aceh
Editor :
Annisa YH
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :