Loka Lansia “Minaula” Turunkan Tim Respon Kasus ke Provinsi

  • Loka Lansia “Minaula” Turunkan Tim Respon Kasus ke Provinsi
  • 16112713529751
  • 16112713495222
MALUKU UTARA (20 Januari 2021) - Loka Lansia "Minaula" Kendari sebagai UPT Kemensos RI di Lingkungan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial melakukan Respon Kedaruratan dan Penyerahan Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (ATENSI LU) masyarakat bagi lansia terdampak bencana alam banjir di Kabupaten Halmahera Utara dan Halmahera Barat.

Kemensos RI melalui Loka Lansia “Minaula” Kendari, mengirimkan Tim Respon Kedaruratan untuk membantu lansia terdampak bencana banjir. Tim dipimpin langsung oleh Kepala Loka Lansia "Minaula" Kendari dan didukung oleh Penyuluh Sosial dan Perawat. Tim diturunkan untuk mendirikan Shelter Lansia. Tim melakukan dukungan psikososial, pemeriksaan kesehatan, edukasi protokol pencegahan penularan COVID-19, pembagian masker dan vitamin, serta penyerahan Bantuan ATENSI LU Masyarakat terhadap lansia terdampak bencana, baik lansia yang datang ke shelter atau Tim yang mendatangi lansia yang tersebar di berbagai tempat pengungsian. Tempat pengungsian tersebar di beberapa titik, diantaranya di Desa Duma Kecamatan Galela Barat Kabupaten Halmahera Utara dan Desa Sidangoli Kecamatan Jailolo Selatan Kabupaten Halmahera Barat yang merupakan wilayah terdampak banjir paling parah.

"Lansia merupakan salah satu dari beberapa kelompok rentan pada saat terjadi bencana. maka dari itu, mereka adalah prioritas utama yang harus diberikan pertolongan”, ungkap Syamsuddin selaku Kepala Loka Lansia "Minaula" Kendari.

Beliau juga menambahkan, "Kami adalah UPT Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia dengan jangkauan wilayah di delapan provinsi, salah satunya di Provinsi Maluku Utara. Tim diturunkan dalam rangka memberikan layanan dukungan psikososial dan pemeriksaan kesehatan bagi lansia yang terdampak dan kami berharap dukungan ini dapat menguatkan dan mengembalikan semangat hidup para lansia," pungkasnya.

Selain itu, Tim bersama Pendamping Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Provinsi Maluku Utara beserta LKSLU Dina Santo Yoseph (Pusaka 10 Maluku Utara) dan LKSLU Rako Moi (Pusaka 1 Maluku Utara) melakukan pendataan dan asesmen kebutuhan, serta menyalurkan bantuan dasar terhadap lansia terdampak bencana banjir di dua kabupaten tersebut.

Kresensia selaku Ketua LKSLU Dina Santo Yoseph (Pusaka 10 Maluku Utara) mengatakan, “Kami sangat berterima kasih kepada Tim Respon Kedaruratan Loka Lansia "Minaula" Kendari yang sudah bersedia datang untuk memberikan bantuan ATENSI LU di Desa Duma Kecamatan Galela Barat Kabupaten Halmahera Utara. Bantuan ini sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan terutama lansia yang terdampak bencana banjir," ungkapnya.

"F" Salah satu pengungsi lansia di Desa Duma ketika ditemui di lokasi mengatakan, "Air turun dari atas sehingga saya terbawa arus sejauh beberapa puluh meter, untung ada papan sehingga saya bisa berpegangan ke papan dan saya sudah pasrah saat itu," ungkapnya.

"F" juga berterima kasih terhadap negara atas segala perhatian yang telah diberikan selama menjadi pengungsi.

Seperti diketahui bencana banjir yang merendam beberapa wilayah di Kabupaten Halmahera Utara dan Halmahera Barat disebabkan curah hujan yang tinggi dan panjang pada tanggal 16 Januari 2021 yang lalu.

Penulis :
Humas Loka Minaula Kendari
Editor :
Intan Qonita N

Bagikan :