Pelatihan Hidroponik Balai Karya "Mulya Jaya" Guna Kembangkan Keterampilan Penerima Manfaat

  • Pelatihan Hidroponik Balai Karya "Mulya Jaya" Guna Kembangkan Keterampilan Penerima Manfaat
  • 16107488234733
  • 16107488191874
JAKARTA (12 Januari 2021) - Balai Karya "Mulya Jaya" Jakarta yang memberikan layanannya bagi eks wanita tuna susila, wanita korban tindak kekerasan, wanita korban perdagangan orang, dan migran korban tindak kekerasan terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas layanan rehabilitasi sosial.

Balai Karya "Mulya Jaya" sebelumnya melatih kemampuan dan potensi Penerima Manfaat (PM) melalui terapi penghidupan seperti menjahit, handycraft, olahan pangan, salon dan tata rias pengantin. Seiring dengan kebutuhan dan perkembangan pasar, Balai Karya "Mulya Jaya" mulai mempersiapkan terapi penghidupan lainnya dengan mengadakan budidaya hidroponik. Hidroponik adalah salah satu metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan hara nutrisi bagi tanaman dan memanfaatkan lahan yang terbatas.

Hari ini, (12/1) Balai Karya "Mulya Jaya" mengadakan pelatihan khusus bagi pegawai tentang cara budidaya hidroponik. Yayasan Swara Peduli Jakarta Timur yang merupakan narasumber pada pelatihan ini menyampaikan cara-cara yang tepat dalam memulai budidaya hidroponik sekaligus mengajak para pegawai untuk praktek langsung menggunakan media yang telah disiapkan.

"Dengan medianya air, air merupakan sebagai penghantar nutrisi yang menjadi vitamin pada sayuran atau tanamannya," terang Endang salah satu narasumber.

Kepala Balai Karya "Mulya Jaya", Ai Herliyah turut serta mengikuti kegiatan ini berharap agar dengan adanya jenis keterampilan yang baru ini nantinya PM dapat lebih mengembangkan potensi dan skill yang dimiliki sehingga saat kembali di tengah masyarakat telah siap untuk mandiri.

"Keterampilan budidaya hidroponik ini memang sengaja kami persiapkan untuk PM dalam rangka meningkatkan skill mereka selama menjalani masa rehabilitasi sosial. Semoga dengan adanya kegiatan ini, PM mampu hidup mandiri dengan potensi yang mereka miliki," jelas Ai.

Selain budidaya hidroponik, Balai Karya "Mulya Jaya" juga telah mempersiapkan lahan untuk menanam sayuran, buah-buahan, dan tanaman obat-obatan.

Penulis :
Balai Karya Mulya Jaya Jakarta
Editor :
Intan Qonita N

Bagikan :