Poltekesos Siapkan Pelaksanaan Praktikum Mahasiswa Semester VI

Poltekesos Siapkan Pelaksanaan Praktikum Mahasiswa Semester VI

BANDUNG (29 Januari 2021) - Kegiatan Pembekalan Praktikum Laboratorium Program Studi Rehabilitasi Sosial Program Sarjana Terapan untuk Mahasiswa Semester VI Angkatan 2018 dibuka secara virtual oleh Direktur Poltekesos Bandung, Marjuki, pada Kamis siang, 28 Januari 2021.

 

Pada pembekalan ini, mahasiswa mendapatkan materi tentang kebijakan dan program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) dari narasumber Dirjen Rehabilitasi Rehabilitasi Sosial, Kementerian Sosial RI, Harry Hikmat.

 

Program ATENSI merupakan layanan yang menggunakan pendekatan berbasis keluarga, komunitas dan residensial yang dilakukan melalui 7 komponen kegiatan, yaitu dukungan pemenuhan hidup layak, perawatan sosial dan/atau pengasuhan, dukungan keluarga, terapi (fisik, mental spiritual, psikososial), pelatihan vokasional dan kewirausahaan, bantuan dan asistensi sosial serta dukungan aksesibilitas.

 

Selain itu pada pembekalan ini, mahasiswa juga mendapatkan penjelasan tentang teknis pelaksanaan, substansi, administrasi dan bimbingan praktikum yang disampaikan oleh Kepala Prodi Rehabilitasi Sosial, Moch. Zaenal Hakim dan Kepala Laboratorium Prodi Rehabilitasi Sosial, Rini Hartini Rinda.

 

Turut hadir dalam kegiatan ini para dosen homebase Prodi Rehabilitasi Sosial serta praktisi dan akademisi di bidang pekerjaan di bidang pekerjaan sosial dan rehabilitasi sosial  di antaranya Soni A. Nulhaqim, Susiladiharti dan Tata Sudrajat.

 

Praktikum Laboratorium Prodi Rehabilitasi Sosial dilaksanakan secara concurrent dimana mahasiswa tetap mengikuti perkuliahan selama dua hari pada hari Senin dan Selasa, kemudian dilanjutkan dengan praktikum pada hari Rabu sampai Sabtu.

 

Pelaksanaan praktikum juga disesuaikan dengan 4 profil lulusan Prodi Rehabilitasi Sosial yaitu sebagai Pelaksana Rehabilitasi Sosial, Konselor Rehabilitasi Sosial, Pengelola Program Rehabilitasi Sosial dan Analis Rehabilitasi Sosial.

 

Mengingat kondisi pandemi Covid-19, mahasiswa akan mengikuti praktikum selama 3 minggu untuk masing-masing profil lulusan dimana mahasiswa akan mendapatkan materi praktikum secara daring dari dosen pembimbing selama 2 minggu kemudian melaksanakan praktik selama 1 minggu di LKS yang ada di daerah domisili, namun jika tidak memungkinkan mahasiswa bisa melaksanakan praktik di lingkungan sekitar rumah. 

 

Praktikum  Laboratorium Prodi Rehabilitasi Sosial mulai dilaksanakan pada tanggal 3 Februari sampai dengan 23 April 2021.


Penulis :
Humas Poltekesos Bandung
Editor :
David Myoga
Penerjemah :
Humas Poltekesos Bandung

Bagikan :