Respon Cepat Tanggap Bencana Longsor di Solok Selatan

Respon Cepat Tanggap Bencana Longsor di Solok Selatan

SOLOK SELATAN (13 Mei 2021) - Kementerian Sosial melalui Balai "Alyatama" di Jambi mengirimkan Tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) pada lokasi longsor tambang emas di Kabupaten Solok Selatan.


Data yang didapatkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Selatan mengidentifikasi 8 orang meninggal dunia dan 9 orang mengalami luka-luka akibat longsor tersebut.

 

Berdasarkan hasil asesmen Pekerja Sosial Balai, diketahui anak dari korban longsor tersebut tidak mengalami trauma psikologis secara langsung namun memiliki situasi yang tidak kondusif dikarenakan kepala keluarga menjadi korban langsung kejadian tersebut yang mengakibatkan tidak terpenuhinya kebutuhan sehari-hari mereka.

 

Selain melakukan asesmen kepada korban dan keluarganya, Tim juga memberikan penguatan baik kepada korban dan keluarga korban agar tetap sabar dan  semangat kedepannya.

 

Salah seorang keluarga korban menghaturkan terima kasih atas kepedulian yang diberikan oleh Kementerian Sosial terkait bencana yang menimpa keluarga mereka dengan pengharapan pertolongan tersebut dapat memberikan manfaat. 

 

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Solok Selatan, Andri Gustova, menyambut baik kehadiran tim Balai “Alyatama”.

 

“Kami sangat berterima kasih atas kepedulian balai kepada warga yang tertimpa musibah. Kami berharap kejadian serupa tidak terulang kembali,” jelas Andri. 

 

Pada kegiatan ini Balai "Alyatama" di Jambi memberikan layanan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) kepada setiap keluarga korban luka-luka berupa pemenuhan kebutuhan dasar seperti beras, susu dan minyak goreng. Selain itu, Balai juga menyerahkan bantuan logistik berupa makanan siap saji anak, makanan siap saji dan Family Kit.


Penulis :
Humas Balai Alyatama Jambi
Editor :
David
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :