Respon Kasus Balai Besar Disabilitas "Kartini" Bantu Lansia Terlantar

Respon Kasus Balai Besar Disabilitas "Kartini" Bantu Lansia Terlantar
TEMANGGUNG (27 April 2021) – Kementerian Sosial melalui Balai Besar Disabilitas "Kartini" Temanggung merespon aduan masyarakat tentang keberadaan seorang lanjut usia lansia yang terlantar. Adalah Sumini (78) yang tinggal sebatang kara di rumah yang tidak layak huni di RT 02 RR 04 Cublikan Kelurahan Kowangan Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung Jawa Tengah.

Balai Besar Disabilitas "Kartini" menugaskan Pekerja Sosial untuk mengunjugi rumah lansia terlantar itu sekaligus melakukan asesmen. Dari hasil asesmen, diketahui Sumini tinggal sebatangkara dirumah yang tidak layak huni, tanpa fasilitas MCK. Kesehatan matanya  juga  terganggu sehingga membutuhkan pengobatan. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Sumini hanya menggantungkan belas kasihan para tetangga disekitarnya yang peduli dengan kondisinya, termasuk kebutuhan air bersih dan listrik dengan cara menyambungkan saluran listrik dari rumah tetangganya.
 
Selanjutya tim Balai Besar Disabilitas "Kartini" berkoordinasi dengan Dinas Sosial Temanggung terkait kondisi rumah yang tidak layak huni dan Juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan terkait pengobatan mata.

Penulis :
Humas Balai Besar Disabilitas Kartini Temanggung
Editor :
David Myoga
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :