Setitik Harapan dari Manisnya Gula Kelapa

Di tengah penyebaran virus Corona (COVID-19), salah satu hal yang bisa kita lakukan agar tidak terpapar virus tersebut adalah dengan menjaga imun tubuh. Selain dengan rajin berolahraga, menjaga kebersihan dan juga makan makanan bergizi, rupanya mengonsumsi rempah juga mampu meningkatkan imun tubuh. Salah satu yang bisa kita konsumsi adalah Gula Rempah hasil produksi para KPM PKH di Desa Semedo, Kabupaten Banyumas.
.
Desa Semedo, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas merupakan salah satu Desa penghasil Gula Kelapa. Tidak kurang dari seribu warga Semedo berprofesi sebagai Penderes air nira yang merupakan bahan baku pembuatan gula kelapa, dan 300 di antaranya merupakan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).
.
Sebelum datangnya PKH, warga Semedo mengolah air nira menjadi gula cetak (batok) dan dijual seharga tujuh ribu rupiah per kilogram. Namun, dengan adanya Pendamping PKH, masyarakat Desa Semedo diajak berinovasi untuk memproduksi gula semut dengan berbagai varian rasa dan kandungan rempah di dalamnya, sehingga bisa meningkatkan penghasilan mereka sampai dua kali lipat.
.
Bagaimanakah perjalanan para warga Desa Semedo dalam upaya meningkatkan pendapatan mereka dan meraih hidup Sejahtera bersama PKH? 

Saksikan selengkapnya dalam karya dokumenter "Setitik Harapan dari Manisnya Gula Kelapa".

Penerjemah :
Intan Qonita N

Bagikan :