Balai “Budi Dharma” Bekasi Kembangkan Posyandu Lansia

Balai “Budi Dharma” Bekasi Kembangkan Posyandu Lansia
BEKASI (20 Oktober 2021) - Balai “Budi Dharma” di Bekasi melaksanakan kegiatan Posyandu ATENSI Lansia bagi lanjut usia di Kabupaten Bekasi. Posyandu Lansia dikembangkan sesuai dengan arahan Menteri Sosial, Tri Rismaharini bahwa Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat.

Posyandu ATENSI Lanjut Usia merupakan Pos pelayanan terpadu yang dilaksanakan oleh masyarakat untuk memberikan pelayanan sosial terpadu kepada lanjut usia baik secara individual maupun secara kolektif. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial lanjut usia melalui pemberdayaan masyarakat dan memberi kemudahan kepada lanjut usia dalam memperoleh pelayanan kesejahteraan sosial.

Selain itu, Posyandu bertujuan untuk menjadi wadah atau wahana bagi komunitas lansia; meningkatkan daya tahan fisik dan psikis lansia agar tidak mudah sakit; mempertahankan status fungsional lansia agar tetap aktif dan sehat dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan; meningkatkan interaksi antar sesama lansia, keluarga, dan generasi muda melalui aktifitas layanan terpadu; dan meningkatkan peran lansia dalam kehidupan di masyarakat.

Berdasarkan arahan tersebut, Balai “Budi Dharma” di Bekasi mulai melakukan Pembukaan pelaksanaan kegiatan Posyandu yang dilaksanakan di “Posyandu Teratai” di Desa Karang Satria (12/10) dan diikuti oleh 20 orang lansia. Pelaksanaan kegiatan ini juga didampingi oleh pemerintah setempat seperti Nur Wahyi selaku Sekretaris Camat, Zainuddin Resan selaku Kepala Desa, Kepala Puskesmas, dan para Kader.

Pada kegiatan selanjutnya, Posyandu dilaksanakan di Kelurahan Jkatimulya (14/10) dan kegiatan diikuti 20 orang lansia. Pada pembukaan posyandu ini diawali dengan memberikan penyuluhan tentang posyandu ATENSI lansia dengan menyampaikan tujuan, jenis kegiatan dan  mencetuskan nama posyandu, pemilihan ketua serta membuat janji hati atau komitmen semua peserta untuk aktif dalam kegiatan Posyandu ATENSI lansia. Maka tercetuslah nama “Posyandu Bahagia” di Kelurahan Jatimulya. 

Pada Oktober ini, kegiatan serupa rencananya akan dilaksanakan di Desa Setia Mekar dan Desa Kebalen dengan mengundang Kepala Desa dan Kepala Puskesmas setempat. 

Kegiatan dalam setiap Posyandu yang dilakukan ialah senam, pemberian makanan tambahan/nutrisi, konseling, terapi-terapi seperti terapi psikososial, terapi penghidupan dan mental spiritual, dinamika kelompok dan penyuluhan.

Penulis :
Humas Balai Budhi Dharma Bekasi
Editor :
Annisa YH
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :