Balai Lansia "Gau Mabaji" Salurkan Bantuan bagi Korban Terdampak Kebakaran Kab. Bone

Balai Lansia "Gau Mabaji" Salurkan Bantuan bagi Korban Terdampak Kebakaran Kab. Bone
BONE (8 April 2021) - Kementerian Sosial melalui Balai Lansia “Gau Mabaji” Gowa memberikan bantuan kebutuhan dasar bagi enam orang lanjut usia korban kebakaran di Desa Lamurukung, Kecamatan Tellusiattingnge, Kabupaten Bone.

Sebelumnya, pada hari senin (6/4/2021) kebakaran hebat terjadi di permukiman warga. Akibatnya, 10 unit rumah warga hangus terbakar dan dua orang warga meninggal dunia dalam insiden tersebut.

Kedua korban meninggal diketahui adalah seorang nenek dan cucunya bernama Siti Hawang (63) dan Aldilah (9). Berdasarkan hasil asesmen oleh tim respon kedaruratan selain lansia korban meninggal, didapatkan juga sejumlah 7 orang lansia terdampak kebakaran.

Sesuai arahan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini bahwa Balai Besar/Balai/Loka harus merespon cepat permasalahan sosial yang terjadi, Balai Lansia “Gau Mabaji” Gowa bergerak cepat dalam memberikan perlindungan sosial bagi lanjut usia korban kebakaran dengan menerjunkan tim respon kedaruratan. Tim diterjunkan untuk melakukan asesmen kebutuhan bagi lansia terdampak kebakaran.

Wahidin, Kepala Balai Lansia “Gau Mabaji” Gowa, menyampaikan bahwa berdasarkan asesmen yang dilakukan, Balai memberikan layanan melalui program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI).

“Balai Lansia “Gau Mabaji” Gowa terjun langsung memberikan perlindungan bagi lansia korban bencana melalui bantuan program ATENSI yang diberikan berdasarkan asesmen yang dilakukan oleh pekerja sosial beserta tim kedaruratan,” ujar Didin, biasa ia disapa.

Bantuan yang diberikan berupa kebutuhan dasar yang sangat diperlukan oleh lansia dalam menghadapi masa darurat pasca kebakaran. Bantuan kebutuhan dasar bantuan sandang dan pangan berupa kasur, sarung, beras, telur, minyak goreng, susu, dan biskuit.

Penyaluran bantuan didampingi oleh Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Bone, Camat Tellusiattingnge, dan Kepala Desa Lamurukung. 

Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Bone, Hafid mengatakan sangat merespon baik dengan gerakan cepat dari Balai Lansia “Gau Mabaji” Gowa yang lansung turun memberikan bantuan terhadap lansia terdampak kebakaran.

Penyaluran bantuan ATENSI ini merupakan bentuk perhatian negara melalui Kementerian Sosial dengan melakukan pemenuhan hak-hak lanjut usia.

Penulis :
Humas Balai Lansia "Gau Mabaji" Gowa
Editor :
Intan Qonita N

Bagikan :