Kemensos Sinergikan Bansos dengan Vaksin COVID-19 di Bangkalan

Kemensos Sinergikan Bansos dengan Vaksin COVID-19 di Bangkalan
BANGKALAN (16 Oktober 2021) - Kementerian Sosial mensinergikan bantuan sosial (bansos) dengan vaksin COVID-19 di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur sebagai bentuk dukungan dalam mengatasi pandemi COVID-19.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini melaksanakan kunjungan ke Bangkalan lantaran mendapat tugas dari Presiden Joko Widodo untuk membantu percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Bangkalan. 

"Saya mendapatkan tugas dari Presiden untuk memantau kegiatan vaksinasi di Bangkalan. Hal ini terkait erat dengan capaian vaksin di Bangkalan yang masih rendah. Pemerintah ingin di sini (Bangkalan) capaian meningkat sehingga masyarakat terlindungi dari COVID-19," kata Mensos Risma di Kabupaten Bangkalan Madura, Sabtu (16/10).

Untuk memantau 18 kecamatan di Bangkalan, Mensos melibatkan para pejabat di lingkungan Kementerian Sosial yang ditugaskan masing-masing memantau dan memastikan bahwa masyarakat yang mendapatkan bansos melaksanakan vaksinasi COVID-19. 

Mensos menugaskan tim untuk menyerahkan beras kepada warga yang telah selesai divaksin, menyerahkan santunan kepada anak yatim korban COVID-19 dan menyerahkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang belum terdistribusi. 

Usai menyerahkan bansos di tiga kecamatan, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos), Pepen Nazaruddin mengatakan bahwa Kemensos mendukung seluruh daerah untuk dapat melaksanakan vaksinasi secara optimal. 

"Yang bisa dilakukan oleh Kementerian Sosial adalah mensinergikan bantuan sosial sehingga antara penyaluran bansos dengan vaksinasi bisa bersinergi sama-sama menangani COVID-19," kata Pepen.

Adapun pendistribusian tugas pemantauan yaitu Sekretaris Jenderal, Harry Hikmat bertugas di Kecamatan Burneh, Kecamatan Tanah Merah dan Kecamatan Galis; Dirjen Linjamsos, Pepen Nazaruddin bertugas di Kecamatan Arosbaya, Kecamatan Geger dan Kecamatan Klampis; Dirjen Pemberdayaan Sosial (Dayasos), Edi Suharto bertugas di Kecamatan Blega, Kecamatan Konang dan Kecamatan Modung; serta Inspektur Jenderal, Dadang Iskandar bertugas di Kecamatan Tanjung Bumi, Kecamatan Sepulu, dan Kecamatan Kokop. 

Sementara, Sekretaris Ditjen Linjamsos, Robben Rico memdapatkan tugas di Kecamatan Bangkalan, Kecamatan Socah dan Kecamatan Kamal, dan Direktur Jaminan Sosial Keluarga (JSK), Heri Kris Sritanto bertugas di Kecamatan Klabang, Kecamatan Kwanyar dan Kecamatan Tragah.

Seperti diketahui, Kementerian Sosial menyiapkan bantuan untuk Kabupaten Bangkalan berupa beras sebanyak 18 ribu paket masing-masing berisi 5 kilogram beras, bantuan ATENSI untuk anak yatim piatu, serta bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). 

Penulis :
Alek Triyono (OHH Ditjen Linjamsos)
Editor :
Annisa YH
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :