Kunjungi Nenek Lanjut Usia Terlantar, Kemensos Telusuri Keluarganya di Ambon dan Jawa Timur

Kunjungi Nenek Lanjut Usia Terlantar, Kemensos Telusuri Keluarganya di Ambon dan Jawa Timur

POLEWALI MANDAR (24 Juni 2022) - Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Sentra Nipotowe di Palu melakukan respon kasus Nenek Lisa, lanjut usia terlantar yang menderita sakit stroke di Kabupaten Mamuju. Nenek Lisa dirawat di RSUD Sulawesi Barat di Mamuju, dan telah dirujuk ke RSUD Polewali Mandar. Nenek Lisa merantau sejak tahun 1977. Berdasarkan hasil asesmen pekerja sosial, nenek Lisa yang memiliki nama asli Sulami tersebut pernah merantau di Ambon dan Makassar sebelum akhirnya menetap di Mamuju.

 

“Saya merantau sudah dari tahun 77, saya punya anak namanya Harianto Kusuma Wijaya dan Nurma Manja. Mereka tinggal dengan papanya di Ambon.” Ujar nenek Lisa.

 

Nenek Lisa terpisah dengan kedua anaknya dari kedua mantan suaminya yang tinggal di Ambon. Menurut hasil penelusuran pendamping rehabilitasi sosial di Ambon, keluarganya di Ambon sudah tidak diketahui lagi keberadaannya karena tempat yang diingat nenek Lisa sudah tidak ada lagi.

 

Pekerja Sosial juga melakukan tracing di tempat asalnya di Jawa Timur. Menurut penuturan Lurah Banjarejo, keluarga terdekat nenek Lisa sudah tidak ada. Adiknya yang bernama Yetmadi dinyatakan hilang karena menderita gangguan kejiwaan, dan orang tua nenek Lisa sudah meninggal.

 

“Kami sudah memeriksa di catatan kependudukan kami, sudah tidak ada lagi nama-nama yang disebutkan tadi, jadi kemungkinan sudah tidak ada lagi saudara terdekatnya Bu Sulami (alias nenek Lisa). Carik saya bilang dulu ada namanya Sulami yang memiliki adik namanya Yetmadi, akan tetapi Yetmadi sudah hilang semenjak memiliki gangguan kejiwaan.” ungkap Johan, Lurah Banjarejo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur saat dihubungi melalui telepon.

 

Sentra Nipotowe di Palu telah menyalurkan bantuan sandang dan popok lansia selama masa perawatan nenek Lisa di rumah sakit. Selanjutnya nenek Lisa akan mendapatkan perawatan di Sentra "Nipotowe" di Palu sembari proses tracing Keluarga yang lainnya.

 

 


Penulis :
Tim Humas Sentra Nipotowe Palu
Editor :
David Myoga
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :