Balai “Budi Dharma” Bekasi Lakukan Pencairan Bantuan ATENSI LU di DKI Jakarta

  • Balai “Budi Dharma” Bekasi Lakukan Pencairan Bantuan ATENSI LU di DKI Jakarta
  • 16351239131200
  • 16351239105384

Penulis :
Humas Balai Budhi Dharma Bekasi
Editor :
Annisa YH
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

JAKARTA (21 Oktober 2021) - Memberikan layanan terbaik kepada lanjut usia merupakan salah satu tugas dan fungsi Kementerian Sosial RI. Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial, Balai “Budi Dharma” di Bekasi berupaya mewujudkannya melalui Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) bagi lanjut usia.

ATENSI adalah layanan rehabilitasi sosial yang menggunakan pendekatan berbasis keluarga, komunitas, dan/atau residensial melalui kegiatan dukungan pemenuhan kebutuhan hidup layak, perawatan sosial dan/atau pengasuhan anak, dukungan keluarga, terapi fisik, terapi psikososial, terapi mental spiritual, pelatihan vokasional, pembinaan kewirausahaan, bantuan sosial dan asistensi sosial, serta dukungan asksesibilitas.

Balai yang menjangkau 16 Provinsi sebagai wilayah jangkauan kerjanya ini, memiliki total target 12.650 lansia yang akan diberikan bantuan dalam program ATENSI. Tahap demi tahap penyaluran bantuan telah dilakukan, mulai dari asesmen kebutuhan lansia hingga kerjasama dengan pihak Bank Mandiri untuk pelaksanaan Buka Rekening Kolektif (burekol).

''Kita harus mengambil langkah lebih cepat dan tepat dalam menyalurkan bantuan ATENSI ini agar bantuan  cepat  dimanfaatkan oleh lansia   penerima bantuan, karenanya kita harapkan kerjasama semua pihak, mengingat waktu makin mendekati akhir tahun.'' Tandas Pujiyanto Kepala Balai Budi Dharma Bekasi.
 
Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta merupakan salah satu Provinsi wilayah jangkauan kerja Balai. Terdapat total 55 penerima manfaat yang berasal dari 4 (empat) Pusat Santunan Keluarga (Pusaka) di DKI Jakarta yang mengajukan permohonan bantuan yaitu Pusaka 49, Pusaka 57, Pusaka 122 dan Pusaka 136. 

Hingga hari ini, Kamis (21/10) telah melakukan pencairan bantuan kepada 27 penerima manfaat. Pencairan bantuan dilakukan di tiga Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank Mandiri, dengan rincian 7 penerima manfaat Pusaka 49 di KCP Cempaka Mas, 13 penerima manfaat Pusaka 49 di KCP Cempaka Putih Permai, dan 7 penerima manfaat Pusaka 57 di KCP Rawasari.

Pencairan ini berhasil dilakukan dengan adanya koordinasi intens oleh Balai dengan tiga Kepala KCP yaitu Anton selaku Kepala KCP Rawasari, Fitri selaku Kepala KCP Cempaka Putih Permai, dan Romi selaku Kepala KCP Mega Grosir Cempaka Mas dengan Bayu selaku Kepala KCU Cikini yang membawahi tiga KCP diatas. 

Beberapa kendala seperti proses penerbitan buku rekening dan ATM co branding ATENSI yang memakan waktu dapat diatasi dengan solusi penggunaan buku “tabunganKu”. Penerima manfaat dapat melakukan penarikan langsung bantuan di teller menggunakan buku “tabunganKu” dan kemudian di belanjakan sesuai asesmen yang telah dilakukan sebelumnya. 

“Kami akan terus berupaya mempercepat proses pembuatan buku rekening dan ATM co branding ATENSI, namun agar bantuan segera tersalur saat ini sementara kami bukakan buku rekening “tabunganKu” bagi penerima manfaat,” Ujar Bayu.

Proses pencairan selanjutnya juga terus diupayakan kepada 28 penerima manfaat lainnya. Percepatan yang dilakukan merupakan upaya agar bantuan yang disalurkan dapat dimanfaatkan dengan cepat dan tepat oleh penerima bantuan.
نشر :