Balai Rehsos Anak “Handayani” Raih Predikat ‘Sangat Baik’

Balai Rehsos Anak “Handayani” Raih Predikat ‘Sangat Baik’
Penulis :
Koesworo Setiawan

JAKARTA (10 Maret 2021) – Kementerian Sosial kembali menorehkan prestasi bidang pelayanan publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Kali ini penghargaan diraih oleh Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kemensos, yakni Balai Besar Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus “Handayani” Jakarta.

 

Balai Rehablitasi Anak “Handayani” meraih Kategori A- (Sangat Baik) untuk kategori Unit Pelayanan Percontohan Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan Tahun 2020. Penghargaan dihadiri dan disaksikan langsung oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, di Jakarta (09/03).

 

Di tengah pandemi, Kemensos tetap menjalankan reformasi birokrasi sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Penghargaan yang diraih Balai Rehsos Anak “Handayani” merupakan wujud dari upaya serius Kementerian Sosial di bawah kepemimpinan Menteri Sosial Tri Rismaharini mendorong dan memperkuat reformasi birokrasi, khususnya di sektor pelayanan publik.

 

“Syukur Alhamdulillah . Capaian ini tidak lepas dari arahan Ibu Mensos Tri Rismaharini dan kerja keras, keseriusan, serta dukungan pimpinan dan  para pegawai, khususnya pimpinan dan staf di balai Rehsos Anak ‘Handayani’, dalam mendorong dan memperkuat reformasi birokrasi di sektor pelayanan publik,” kata Dirjen Rehabilitasi Sosial Harry Hikmat menanggapi penghargaan tersebut (10/03).

 

Penghargaan yang diraih Balai Rehsos Anak “Handayani” menambah panjang daftar penghargaan khususnya di bidang reformasi birokrasi yang pernah diraih di kesempatan sebelumnya. Terkhusus untuk Balai Rehsos Anak “Handayani”, ini adalah penghargaan kedua kalinya yang sebelumnya pernah diterima.

 

Pada tahun 2019, Balai Rehsos Anak “Handayani” bersama Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial (Pusdatinkesos) meraih penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dari Kementerian PANRB. Saat itu, Balai “Handayani” menyabet gelar dari Pendidikan Karakter Melalui Terapi Psikososial Bagi Anak Korban Radikalisme (Pinter Melatih Anak Kobra). Adapun Pusdatinkesos penghargaan diraih dari Inovasi Sistem Data Terpadu Nasional Pengentasan Kemiskinan (SIKS-NG).

 

“Dengan capaian ini mari kita tingkatkan terus kualitas layanan kepada publik, dan teruslah mengembangkan inovasi dalam penanganan berbagai masalah kesejahteraan sosial. Walaupun masih suasana Covid-19, ASN harus produktif, profesional dan menerapkan protokol kesehatan,” kata Harry.

 

Mengutip siaran pers Kementerian PANRB, acara Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Kementerian/Lembaga dan Penghargaan Unit Pelayanan Percontohan Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan Tahun 2020, ini terdapat enam unit penyelenggara pelayanan dari enam kementerian dan lembaga berhasil meraih kategori A atau Pelayanan Prima. Sementara 26 unit lainnya meraih predikat A- atau Sangat Baik.

 

Adapun 15 unit layanan kementerian atau lembaga mendapat nilai B. Pada tahun 2020, sebanyak 55 instansi kementerian atau lembaga yang menjadi lokus evaluasi oleh Kementerian PANRB.

 

Di tahun ini, indeks pelayanan publik kementerian/lembaga menunjukkan peningkatan. Tahun 2020 mencapai sebesar 4,00, dimana tahun sebelumnya sebesar 3,83. Angka ini berada di atas indeks pelayanan publik nasional tahun 2020 yakni sebesar 3,84.

 

Pelaksanaan evaluasi ini dilakukan penilaian berdasarkan enam aspek. Aspek tersebut adalah kebijakan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi.

 

 

Biro Hubungan Masyarakat

Kementerian Sosial RI

نشر :