Bentuk Posyandu Lansia, Balai "Mulya Jaya" Lakukan Sosialisasi

  • Bentuk Posyandu Lansia, Balai "Mulya Jaya" Lakukan Sosialisasi
  • 16381515211690
  • 16381515181245
JAKARTA (25 November 2021) - Menindaklanjuti arahan Menteri Sosial, Tri Rismaharini yang tertuang pada Peraturan Menteri Sosial Nomor 7 Tahun 2021 tentang Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) mengenai Posyandu Lansia, Kementerian Sosial melalui Balai Mulya di Jakarta akan membentuk Posyandu Lansia di wilayah RW 02 Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur. 

Untuk mendorong, mengaktivasi dengan memfasilitasi Posyandu Lansia tersebut, Balai "Mulya Jaya" melaksanakan sosialisasi yang dihadiri oleh perangkat RW 02, 10 ketua RT di lingkungan RW 02, dan kader Posyandu.

Kepala Balai, Ai Herliyah didampingi Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Muchyidin, Kepala Seksi Layanan Rehabilitasi Sosial, Edy Santoso, dan Sub Koordinator  Seksi Asesmen dan Advokasi Sosial, Agung Santoso menjelaskan bahwa Posyandu Lansia ini akan mulai dibentuk bersama masyarakat yang tinggal di sekitar Balai.

"Kegiatan yang dilaksanakan utamanya adalah pemeriksaan kesehatan, bantuan sosial, dan kegiatan lainnya untuk mengisi waktu luang lansia sesuai dengan kebutuhan lansia. Pendampingan akses layanan kesehatan, penambahan nutrisi bagi lansia, dan untuk kebutuhan lainnya akan disesuaikan dengan hasil asesmen yang dilakukan Pekerja Sosial. Kami berharap program ini dapat didukung oleh Bapak dan Ibu," jelas Ai.

Ketua RW 02 Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo mengaku pihaknya mendukung program ini. "Kami sangat senang dan mengapresiasi dengan adanya program ini. Pada prinsipnya kapan saja kami akan dilibatkan kami siap membantu. Kami berterima kasih sekali," ujarnya.

"Kami dari Posyandu Lansia memiliki anggota 6 orang. Kalau nanti sudah berjalan program ini kami ingin diadakan kegiatan senam lansia yang sederhana saja," tambah Sri yang menjadi anggota Posyandu Lansia. 

Balai "Mulya Jaya" telah memiliki data by name by address sejumlah 271 orang Lansia yang tersebar di 10 RT di RW 02. Sebanyak 122 orang masuk dalam prioritas layanan kami berdasarkan keadaan sosial ekonomi lansia. Pembentukan Posyandu Lansia ini akan dimulai dengan pelaksanaan asesmen komprehensif oleh Pekerja Sosial pada pekan ini.

Penulis :
Humas Balai Mulya Jaya Jakarta
Editor :
Intan Qonita N
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :