Botol Plastik Merubah Asa Penyandang Disabilitas Intelektual

Botol Plastik Merubah Asa Penyandang Disabilitas Intelektual

TANGERANG SELATAN (22 September 2021) - Ada yang berbeda dengan rutinitas Silver Abadi, penyandang disabilitas intelektual, salah satu Penerima Manfaat (PM) layanan ATENSI berbasis keluarga Balai "Ciungwanara". Setelah membantu ibunya membereskan rumah, Silver langsung bergegas menuju ruang tamu untuk menggunting beberapa botol bekas. Dari imajinasinya terciptalah bunga yg bernilai jual.

 

Setelah kurang lebih lima bulan mendapatkan pendampingan dari Pekerja Sosial dan Okupasi Terapis Balai "Ciungwanara" serta Pendamping Sosial Kota Tangerang Selatan banyak kemajuan yang diperlihatkan oleh Silver, salah satunya perkembangan dalam interaksi dengan orang lain dan yang paling terlihat adalah kemampuan vokasional dalam mengolah botol bekas menjadi bunga.

 

Dibantu oleh Ibunya, Silver terlihat telaten memotong, mengecat, membentuk, dan merangkai botol-botol belas minuman menjadi bunga.

 

"Silver suka sekali membuat bunga ini. memang masih perlu bimbingan tetapi sudah banyak kemajuan yang diperlihatkan, berkat arahan dan bimbingan dari Ibu-ibu dari Kementerian Sosial," jelas Ibunda Silver.

 

Siti Sari Rumayanti terlihat antusias ketika melihat bunga-bunga karya Silver dan mengupayakan Balai "Ciungwanara" dapat membantu pemasaran produk tersebut.

 

"Sebagian bunga bunga tersebut sudah kita pajang di showroom SKA Ciungwanara, selain kita pasarkan secara online. Harapannya tentu saja keterampilan PM ini bisa membuat lebih mandiri," tambahnya.

 

Pekerja Sosial yang mendampingi Silver pun mempunyai harapan yang sama, agar kemampuan yang dimiliki bisa menjadi modal untuk hidup lebih mandiri.

 

Balai "Ciungwanara" akan terus membantu memasarkan produk tersebut serta mendampingi Silver sampai mandiri.


Penulis :
Humas Balai Disabilitas "Ciungwanara" Bogor
Editor :
Intan Qonita N
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :