Kemensos Bantu Kakek Noorlin melalui ATENSI Kewirausahaan

Kemensos Bantu Kakek Noorlin melalui ATENSI Kewirausahaan
SIDOARJO  (8 September 2021) - Kementerian Sosial RI melalui Balai "Budhi Dharma" Bekasi memberikan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) bagi Kakek Noorlin (78), lanjut usia di Sidoarjo. Berdasarkan hasil asesmen kebutuhan  yang telah dilakukan sebelumnya guna mengetahui intervensi yang tepat. Noorlin tinggal bersama istrinya di rumah adik iparnya di Desa Keboansikep, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur 

Berdasarkan hasil asesmen kebutuhan yang dilakukan terhadap lansia, keluarga dan aparat pemerintah setempat diketahui, bahwa Noorlin belum terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sehingga belum mendapatkan bantuan pemerintah.

Kondisi pandemi mengharuskan Kakek Noorlin tidak bekerja lagi dan mengandalkan tabungannya semasa bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sehingga perlu upaya pemberdayaan untuk meningkatkan perekonomiannya dengan membuka rintisan usaha sesuai kondisi fisiknya yang masih sehat dan potensial. Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini agar seluruh Balai/Loka di Lingkungan Kementerian Sosial dapat merespon secara cepat apapun permasalahan yang terjadi di masyarakat. 

Menindaklanjuti hasil asesmen tersebut, Balai “Budhi Dharma” Bekasi bergerak cepat usai level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diturunkan pemerintah, dengan memberikan bantuan ATENSI yang sesuai  berupa rintisan usaha air galon dan gas elpiji bagi Noorlin yang sangat diperlukan di sekitar tempat tinggalnya.

“Saya pengen usaha air galon karena tidak membutuhkan banyak alat dan bahan, kebutuhan air minum di desa ini sangat banyak. Pasti akan laris jika jualan di depan rumah," kata Noorlin.

Penyaluran bantuan ATENSI berupa kemasan galon air mineral,  gas elpiji, troli angkut galon, alat angkut galon dari bahan plastik diserahkan Tim Balai “Budhi Dharma” Bekasi, Senin (6/9/2021) didampingi pihak Dinas Sosial Provinsi, Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo, RT setempat, Carik dan TKSK di kediaman Noorlin.

"Terima kasih banyak kepada Kementerian Sosial terutama Balai "Budhi Dharma" Bekasi yang sudah perhatian kepada saya. Saya berharap usahanya lancar dan berkembang nantinya. Mohon doanya," ujar Noorlin 

Selain bantuan rintisan usaha, selanjutnya Balai juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat agar Noorlin dapat terdaftar dalam DTKS.

Penulis :
Humas Ditjen Rehabilitasi Sosial
Editor :
Intan Qonita N
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :