Kemensos Hadir Salurkan Bantuan pada Disabilitas Terdampak Banjir di Ciuyah

  • Kemensos Hadir Salurkan Bantuan pada Disabilitas Terdampak Banjir di Ciuyah
  • 16429975307878
  • 16429975336246
  • 16429975363754
CIREBON (23 Januari 2022) - Kementerian Sosial melalui Loka Kahuripan "Sukabumi" melaksanakan Respon Kasus Banjir di Desa Ciuyah sesuai arahan Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

Tim Respon Kasus Loka "Kahuripan" Sukabumi melaksanakan Koordinasi dengan Kabid Linjamsos Dinas Sosial Kabupaten Cirebon terkait penanganan banjir. Selain itu, Tim meninjau posko TAGANA yang digunakan untuk dapur umum bagi warga terdampak banjir juga meninjau lokasi yang terdampak banjir salah satunya di Desa Gunungsari Kecamatan Waled. Tim Respon Kasus dan pihak Desa mengunjungi kantor Desa Gunungsari yang dijadikan tempat mengungsi bagi warga yang terdampak banjir. 

Pendataan bagi pengungsi dilakukan kepada ibu hamil, lansia, balita, dan penyandang disabilitas. Dari hasil pendataan bersama pihak setempat diketahui terdapat 395 kepala keluarga terdampak banjir. Dari hasil tersebut, tim melakukan asesmen pada penyandang disabilitas yang terdampak banjir. Di desa Ciuyah terdapat 3 orang penyandang disabilitas yang terdampak banjir yakni 1 penyandang disabilitas intelektual bernama Rika Febrianti (20 tahun), 2 penyandang disabilitas fisik/ Cerebral Palsy bernama Muhammad Lutfi Alparaz (11 tahun) dan Sodia Munaya (19 Tahun). 

Hasil dari asesmen yang dilakukan adalah pemberian bantuan ATENSI berupa nutrisi bagi penyandang disabilitas yg terdampak banjir di Desa Ciuyah Kecamatan Waled Cirebon. Bantuan yang diberikan berupa beras, tepung, telor, minyak, kecap, bumbu dapur, kue, susu, madu, biskuit, tisu.

Loka "Kahuripan" Sukabumi akan tetap berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Cirebon dan pihak Desa Ciuyah terkait pengawasan kondisi banjir selanjutnya.

Penulis :
Humas Loka Kahuripan Sukabumi
Editor :
Intan Qonita N
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :