Kemensos Salurkan Bantuan ATENSI bagi 46 Anak Penyandang Disabilitas

Kemensos Salurkan Bantuan ATENSI bagi 46 Anak Penyandang Disabilitas

Jakarta (25 September 2021) - Kementerian Sosial melalui Balai Melati Jakarta menyalurkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) kepada 46 orang Penerima Manfaat (PM) Unit Layanan Rehabilitasi Sosial Anak Penyandang Disabilitas (ULRS APD) Balai Melati Jakarta.

 

Penyerahan bantuan dilakukan secara langsung oleh Kepala Balai Melati Jakarta, Romal Uli Jaya Sinaga pada Jumat (24/9).

 

PM yang menerima bantuan ATENSI merupakan anak penyandang disabilitas dari berbagai ragam disabilitas, baik fisik, sensorik, mental, intelektual, dan ganda.

 

Sebelumnya, asesmen kebutuhan telah dilakukan oleh petugas ULRS APD kepada 46 orang PM untuk menetapkan rekomendasi yang tepat dalam penentuan bantuan ATENSI sehingga krisis yang dialami masing-masing PM dapat diatasi dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki.

 

Dalam sambutannya, Romal menyampaikan bantuan ATENSI yang disalurkan Balai “Melati” Jakarta merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah, dalam hal ini kepada anak penyandang disabilitas. 

 

“Bantuan ATENSI yang diberikan semoga sesuai dengan kebutuhan dan dapat bermanfaat bagi anak-anak. Kami berharap, bantuan ATENSI yang kami berikan saat ini dapat dioptimalkan untuk mendukung upaya pengasuhan dan perawatan anak-anak sehingga tumbuh kembang mereka dapat berjalan dengan baik. Selanjutnya, kami akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terpadu sebagai supporting system bagi keluarga”, ujar Romal.  

 

Bantuan ATENSI yang diberikan mayoritas berupa dukungan aksesibilitas berupa alat/media terapi bagi anak penyandang disabilitas yang mudah digunakan dirumah. Hal ini mengingat situasi pandemi Covid-19 yang belum usai dan anak penyandang disabilitas menjadi salah satu kelompok rentan terpapar Covid-19. Dengan melakukan terapi mandiri dirumah, anak-anak menjadi lebih aman dan tetap dapat terstimulus perkembangannya.

 

Selain alat terapi, nutrisi dan obat-obatan juga diberikan kepada PM sebagai penunjang imunitas tubuh anak-anak penyandang disabilitas. 

 

Terdapat bantuan ATENSI dukungan keluarga berupa bantuan kewirausahaan orangtua. Bantuan ini diberikan dalam upaya mendukung usaha mandiri yang dimiliki keluarga sehingga dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup keluarga anak penyandang disabilitas. 

 

Nina, salah satu orangtua PM ULRS APD Balai Melati Jakarta mengucapkan apresiasinya atas bantuan yang diberikan kepada anaknya yang merupakan anak penyandang disabilitas intelektual. 

 

“Terima kasih atas bantuan untuk anak kami. Kami bersyukur karena dipertemukan dengan orang-orang yang baik. Mencintai anak kami tanpa syarat dan mengajarkan kami bagaimana mendidik dan merawat anak dengan penuh cinta. Semoga Tuhan memberikan kesehatan untuk Bapak dan Ibu semua”, tutur Nina haru. 







 

 


Penulis :
Humas Balai Melati Jakarta
Editor :
David
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :