Kemensos Salurkan Bantuan ATENSI bagi PD Binaan Yayasan ASA Kabupaten Rejang Lebong

  • Kemensos Salurkan Bantuan ATENSI bagi PD Binaan Yayasan ASA Kabupaten Rejang Lebong
  • 16324519524896
  • 16324519493608
  • 16324519474970
REJANG LEBONG (23 September 2021) - Kementerian Sosial melalui Balai Dharma Guna Bengkulu menyerahkan Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) kepada 30 orang Penyandang Disabilitas yang tersebar di Kecamatan Curup Selatan, Curup Timur dan Bermani Ulu binaan Yayasan Amanah Sumbang Asih (ASA) Kabupaten Rejang Lebong. 

Turut hadir dalam penyerahan bantuan, Anggota Komisi VIII DPR RI, Muhammad Saleh, Anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong, Hidayatullah dan Wahono, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Zulfan Effendi, Camat Curup Selatan, Rezza Pakhlevi, Kepala Desa Rimbo Recap, Ruhiyat, Lembaga Kesejahteraan Sosial dan Pendamping Rehabilitasi Sosial. 

Sutrima, selaku Ketua Yayasan ASA melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari asesmen yang telah dilakukan oleh tim Balai Dharma Guna, sebanyak 30 orang, 27 diantaranya mendapatkan Bantuan Pelatihan Vokasional dan Pembinaan Kewirausahaan berupa Usaha Perikanan Lele dan 3 lainnya mendapatkan Bantuan Dukungan Pemenuhan Hidup Layak berupa kebutuhan dasar. 

“Kami berterimakasih kepada Yayasan ASA yang menjadi mitra kerja kami dalam melaksanakan kegiatan ini, dan bantuan ini tentunya berdasarkan hasil asesmen yang telah dilakukan oleh petugas balai,” tutur Dardi

Dardi juga menjelaskan bahwa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Dharma Guna di Kabupaten Rejang Lebong tidak hanya  ATENSI Berbasis Komunitas, tapi juga ATENSI Berbasis Keluarga dengan total jumlah sebanyak untuk 248 Penyandang Disabilitas secara Inklusi dengan nilai total Bantuan Atensi sebesar Rp.371.400.000.- dan dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan verifikasi, validasi dan asesmen Penyandang Disabilitas Binaan Yayasan Pembinaan Anak Cacat Cabang Bengkulu sebanyak 422 orang. 

“Bantuan ini sangat bagus, tapi saya sangat berharap tidak hanya berhenti sampai disini, harus ada keberlanjutan dan efek bagi penerima manfaatnya,” Jelas M. Saleh dalam sambutannya.

Beliau juga menuturkan bahwa bekerja di bidang sosial itu tidaklah mudah, membutuhkan kerjasama pilar-pilar lain untuk mengentaskan masalah sosial. 

“Pendistribusian bantuan ini akan dilakukan secara simbolis ditempat ini kepada 10 orang PM di Kecamatan Curup Selatan dan barangnya akan kami distribusikan ke rumah masing-masing PM di 3 Kecamatan,” Jelas Sutrimah dalam laporannya. 

Bantuan ATENSI yang diberikan kepada 30 orang PM yang menjadi binaan Yayasan ASA diharapkan menjadi usaha PM dengan bantuan dan dukungan keluarga yang dapat menghasilkan nilai ekonomi. 

Muhammad Saleh juga turut menyumbangkan bibit ikan lele untuk kegiatan ATENSI Berbasis Komunitas  binaan Yayasan ASA ini.



Penulis :
Humas Balai Dharma Guna Bengkulu
Editor :
Annisa YH
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :