Kemensos Selaraskan Langkah Bersama Forum TJSLBU Nasional

  • Kemensos Selaraskan Langkah Bersama Forum TJSLBU Nasional
  • WhatsApp Image 2021-11-05 at 19.52.42 (9)
  • WhatsApp Image 2021-11-05 at 19.52.42 (5)
  • WhatsApp Image 2021-11-05 at 19.52.42 (10)
  • WhatsApp Image 2021-11-05 at 19.52.42 (13)
  • WhatsApp Image 2021-11-05 at 19.52.42
  • WhatsApp Image 2021-11-05 at 20.01.06 (1)
  • WhatsApp Image 2021-11-05 at 20.01.48
  • WhatsApp Image 2021-11-05 at 19.52.42 (7)

YOGYAKARTA (4 November 2021) – Kementerian Sosial bersama Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha (TJSLBU) Nasional atau Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Nasional selaraskan langkah bersama wujudkan kesejahteraan sosial.

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto membuka secara virtual kegiatan Bakti Sosial dan Musyawarah Nasional (MUNAS) III Forum CSR Kesos / Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha Nasional Periode 2021 - 2026, yang mengusung tema ‘Reposisi dan Revitalisasi menuju Sinergi yang Serasi’ pada Rabu (3/11).

“MUNAS ini harus menjadi bagian dari peta jalan kita menuju pembentukan dan pengembangan model kemitraan ideal antara Pemerintah, Badan Usaha dan Masyarakat, yang kita gagas bersama untuk menjadikan upaya-upaya peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat sebagai tujuan dan kepentingan bersama,” jelas Edi Suharto.

Direktur Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga, dan Kelembagaan Masyarakat Serimika Br. Karo diwakili oleh Kasubdit PDU menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pembentukan pengurus Forum TJSLBU periode 2021-2026; meningkatkan budaya profesional pengelolaan Forum TJSLBU serta sinergitas dalam kemitraan dan kolaborasi yang strategis; serta menguatkan komitmen profesional penyelenggaraan kesejahteraan sosial melalui optimalisasi potensi TJSLBU. Kegiatan MUNAS ini dilaksanakan selama 4 hari mulai dari 3 – 6 November 2021 di BBPPKS Regional III Yogyakarta.

Tak hanya MUNAS, Forum TJSLBU bersama KADIN dan Kemensos juga menggelar kegiatan Bakti Sosial yang dikemas dalam bentuk program Vaksinasi dan Pembagian Sembako bagi masyarakat di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Program vaksinasi dilaksanakan selama 4 hari yakni tanggal 4 – 6 dan 8 November 2021 dengan target peserta vaksin sebanyak 3.500 orang dari beberapa Kabupaten/Kota di wilayah D.I.Y bekerjasama dengan Puskesmas dan Dinas Kesehatan Provinsi DIY.

Kepala BBPPKS Regional III Yogyakarta Hotman didampingi Kasubdit PDU Rinto Indratmoko mewakili pihak dari Kementerian Sosial memberikan sambutan dalam acara Bakti Sosial yang dilaksanakan di BBPPKS III Yogyakarta. Pembukaan Bakti Sosial ini juga turut dihadiri oleh Gubernur Provinsi DIY selaku Pembina Forum TJSLBU, Ketua Umum Forum TJSLBU Nasional dan Provinsi, KADIN Pusat dan Provinsi DIY, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kesehatan, Perwakilan dari Badan Usaha, serta pejabat Kementerian Sosial RI.

Program vaksinasi kali ini menyediakan vaksin berjenis Sinovac bagi masyarakat di wilayah DIY. Setelah mendapatkan suntikan vaksin, setiap peserta akan mendapatkan Sembako yang terkumpul dari para Badan Usaha yang telah berkontribusi atas inisiasi Forum TJSLBU dan KADIN dengan total sebanyak 3.500 paket sembako.

Adapun Bakti Sosial dalam rangka Vaksinasi Covid-19 dan pembagian sembako ini didukung oleh HM Sampoerna, Alfamart, PT. Asmin Bara Bronang, GOJEK, ASTRA International Tbk, Sari Husada, WIKA, PetroChina Jabung International Ltd, Heavendew, dan CocaCola Europacific Partner, serta melibatkan Pilar-Pilar Sosial IPSM dan Karang Taruna DIY.

Di hari ketiga MUNAS III TJLSBU, para anggota Forum TJLSBU akan diajak mengunjungi Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual ‘Kartini’ di Temanggung. Para anggota forum akan dikenalkan dengan multi layanan yang disediakan di Balai Temanggung serta program Rehabilitasi Sosial ATENSI dengan harapan mampu mengajak dunia usaha untuk turut serta dalam pengembangan program yang terdapat di Balai-Balai Kemensos.

Seluruh rangkaian kegiatan MUNAS ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan sinergi serta kontribusi aktif dari para Badan Usaha dalam membantu meningkatkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat.

Kegiatan ini diikuti oleh pengurus Forum TJSLBU Nasional, Ketua dan pengurus Forum TJSLBU Provinsi, dan Perwakilan Badan Usaha.


Penulis :
Fia, Humas Dayasos
Editor :
OHH Dayasos; Intan Qonita N
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :