Kendala KKS Terblokir, Mensos Telepon Langsung BNI

Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan pengecekan terkait penyaluran bantuan sosial di Kabupaten Sragen.

"Ada laporan, ribuan penerima bantuan belum cair bantuannya. Ini 'kan bantuan untuk rakyat miskin, ya? Saya perlu mendengarkan laporan beberapa pihak terkait dimana sebenarnya masalahnya," kata Mensos Risma di Sragen, Jum'at (20/08).

Pada penyaluran PKH Tahap II di Kabupaten Sragen, yakni penyaluran untuk Bulan April-Mei-Juni, terdapat 37.225 KPM dimana sebanyak 2.517 bantuan KPM PKH belum cair lantaran buku tabungannya terblokir. Mendapatkan laporan tersebut, Mensos "mengejar" alasan dari perwakilan pihak BNI dan pendamping atas begitu banyaknya KPM yang belum menerima bantuan. 

"Saya minta tolong, Pak, hari ini juga bisa selesai. Kalau kartunya belum didistribusikan, ayo kasih ke saya. Sekarang juga saya antar ke rumah KPM," kata Mensos kepada perwakilan BNI.

Mensos pun meminta BNI agar secepatnya bisa dibuka. Bahkan, Mensos mengambil telepon genggam dan menghubungi pejabat BNI di Jakarta saat itu juga. "Ini Risma. Pak, saya minta dibantu, ya. Tolong blokirnya dibuka, ya. Hari ini, ya," kata Mensos.

Kepada semua pihak yang terkait dengan penyaluran bansos, Mensos meminta agar bekerja sungguh-sungguh dengan memudahkan kebutuhan KPM.

Penerjemah :
Intan Qonita N

Bagikan :