Mensos Risma Antar Langsung Bantuan ke Puncak Jaya

Mensos Risma Antar Langsung Bantuan ke Puncak Jaya

MULIA, PUNCAK JAYA (12 Agustus 2022) - Menteri Sosial RI Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Puncak Jaya, Papua dengan membawa sejumlah bantuan yang dibutuhkan masyarakat di sana.


Setibanya di Bandar Udara Mulia, Puncak Jaya, Menteri Sosial beserta rombongan disambut oleh Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda, Wakil Bupati Puncak Jaya, Deinas Geley, bersama rombongan Forkopimda diiringi tarian yang dibawakan oleh pemuda pemudi setempat.


Lokasi kunjungan pertama adalah Sekolah Al-Kitab Mulia. Di hadapan siswa dan guru yang hadir, Mensos Risma menuturkan  bahwa sudah lama beliau ingin ke Puncak Jaya, semenjak menjadi Walikota Surabaya. Keinginan itu baru hari ini bisa terwujud. 


“Kami ada rencana untuk memasang solar panel di beberapa titik. Sehingga anak-anak dapat bermain dirumah karena terang” ucapnya.


Mensos Risma mengajak masyarakat untuk membangun optimisme dan persaudaraan, terutama pembangunan infrastruktur yang berimplikasi pada pembangunan Sumber Daya Manusia. “Ayok kita bangun. Siapa tau di Puncak Jaya lahir seorang anak yang luar biasa yang akan menggantikan kami kami semuanya,” kata Risma memotivasi siswa siswi Sekolah Alkitab Mulia.


Untuk mewujudkan hal  tersebut, Risma berjanji akan memasang solar panel di 10 titik dan memasang orbit sehingga anak-anak bisa terhubung dengan internet. “Untuk itu kami berharap tidak ada lagi gelap. Saya berharap (kepada) Bapak Presiden (agar) semua daerah Puncak Jaya dan daerah lain bisa menjadi terang, sehingga anak-anak bisa bermain pada malam hari dengan tenang,” ucapnya.


Selain itu, Kementerian Sosial juga telah menyiapkan 17 motor trail listrik yang nantinya bisa digunakan untuk distribusi logistik. “Nanti sudah siap 17 trail motor listrik. Tiap pusat gereja akan pasang charging untuk meng-charge , sehingga gak perlu bahan bakar, gak perlu bensin. Itu kita siapkan untuk mengangkut barang,” kata Mensos.


Mensos juga menyampaikan bahwa Kementerian Sosial telah membangun lumbung sosial di Kabupaten Puncak Jaya. Lumbung sosial menyediakan logistik berupa 1.000 paket makanan siap saji, 1.000 pasang pakaian dewasa, 1.000 lembar selimut, 500 pasang pakaian anak, 304 paket makanan anak, dan 3 set tenda serba guna.


Ditempat yang sama, seorang guru di Sekolah Alkitab Mulia, Ibu Miriyam menyampaikan harapannya kepada Menteri Sosial agar dapat dibantu untuk pembangunan Aula Sekolah Alkitab dan gedung kesehatan. Ia menyampaikan jika selama ini setiap penamatan siswa Sekolah Alkitab selalu dilaksanakan di ruang terbuka karena tidak adanya aula sekolah. 


Mensos Tri Rismaharini pun menanggapi dan berjanji akan membangun Aula serta gedung kesehatan yang disambut tepuk tangan siswa Sekolah Alkitab Mulia.


Dalam momen berharga itu, Mensos Risma menyerahkan secara simbolis bantuan sosial senilai Rp. 503.209.620,- kepada Bapak Komarudin Watubun dan selanjutnya diserahkan kepada Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda. Bantuan tersebut berupa makanan ringan dan susu sebanyak 1.000 paket, pakaian dewasa berupa baju dan celana sebanyak 1.000 pasang, pakaian anak 1.000 potong, bola sepak 20 buah, raket bulutangkis 20 buah, net bulutangkis 10 buah, shuttlecock 10 tabung, ayunan anak 5 unit, dan perosotan anak 5 unit.


Mensos Risma tampak akrab dengan siswa Sekolah Alkitab Mulia yang dengan tekun mendengarkan arahannya. Risma pun mengajak salah seorang anak bernama Tori untuk berdialog. "Tori, Kamu suka permainan apa? ". Segera Tori menyebut menyukai bola kaki. Sontak Ibu Menteri menghadiahinya dengan bola kaki dan baju. "Anak-anakku harus berani semua, ya."Pesan Ibu Risma diikuti tawa hadirin. 


Usai mengunjungi Sekolah Alkitab Mulia, Menteri Sosial beserta rombongan melanjutkan lawatannya ke RSUD Mulia untuk meninjau langsung operasi katarak bagi warga yang kurang mampu.


Kunjungan Mensos juga mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Sorak sorai menemani sepanjang perjalanan di Distrik Mulia, Puncak Jaya. Terlihat siswa Taman Kanak-Kanak hingga SMA berjajar di sepanjang jalan, mereka melambaikan bendera sembari menyanyikan lagu kebangsaan. Suasana semakin meriah tat kala Mensos turun dari mobil dan menghampiri anak-anak untuk menyapa dan membagikan kaos. Para siswa dan masyarakat pun bergantian  meminta swafoto yang disambut dengan antusias oleh Mensos.


Biro Hubungan Masyarakat

Kementerian Sosial RI 


Penulis :
Biro Humas
Penerjemah :
Fia Arista Dewi

Bagikan :