Peringati HKSN 2021, Balai "Abiseka" Salurkan ATENSI di Pekanbaru

  • Peringati HKSN 2021, Balai "Abiseka" Salurkan ATENSI di Pekanbaru
  • 16403810049731
  • 16403810029704
PEKANBARU (22 Desember 2021) - Dalam rangka peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2021, Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Balai "Abiseka" Pekanbaru menyalurkan bantuan nutrisi dan alat bantu aksesibilitas kepada 167 penerima manfaat di Kota Pekanbaru.

Berlokasi di Kediaman Wakil Walikota Pekanbaru, peringatan HKSN Tahun 2021 dibuka oleh Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi. Kegiatan peringatan HKSN di Kota Pekanbaru ini dihadiri oleh seluruh PSM yang ada di Kota Pekanbaru, Komunitas Jumat Berkah, dan PMI Kota Pekanbaru.

Kepala Balai "Abiseka" Ahmad Subarkah, dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini merupakan  rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesetiawanan Sosial Tahun 2021 dengan tema 'Perkokoh Solidaritas Indonesia Sejahtera'.

"ATENSI dalam pelaksanaannya perlu melibatkan berbagai pihak melalui multi aktor, pilar sosial, pekerja sosial masyarakat, dan komunitas jum'at berkah di Kota Pekanbaru merupakan salah satu bentuk keterlibatan elemen masyarakat dalam menangani permasalahan-permasalahan sosial yang ada di masyarakat," ujar Ahmad.

Bantuan yang diberikan pada peringatan HKSN Tahun 2021 di Kota Pekanbaru ini merupakan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) sebagaimana dijelaskan Kepala Balai, "Program yang terkait dengan kegiatan pagi ini adalah program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) yang didalamnya ada 3 basis pendekatan dengan 7 komponen yang menjadi layanan yaitu dukungan hidup layak seperti nutrisi dan daya tahan tubuh yang juga sudah kami siapkan; dukungan keluarga; perawatan dan pengasuhan sosial; terapi; pelatihan keterampilan vokasional; dan dukungan aksesibilitas."

Dalam mendukung pemenuhan hak-hak disabilitas, Balai "Abiseka" Pekanbaru menyerahkan bantuan ATENSI secara simbolis kepada Wakil Walikota Kota Pekanbaru berupa 167 paket nutrisi, 3 unit kursi roda 4 in 1, 14 unit kursi roda standar, 6 unit kursi roda anak, 7 unit tongkat kaki 3, 3 unit tongkat kaki 1, 3 unit walker, 2 unit Nebulizer, 3 unit Alat Bantu Dengar, 2 unit tongkat penuntun adaptif dan 19 unit kasur kesehatan.

Selain itu, Balai "Abiseka" Pekanbaru juga menyalurkan bantuan kepada 80 Anak Yatim/Piatu/Yatim Piatu korban COVID-19 dan 9 Anak Memerlukan Pengembangan Fungsi Sosial di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Aisyiah Kota Pekanbaru. Total jumlah bantuan yang diserahkan mencapai Rp.230.826.500

Penyerahan bantuan ini merupakan tindak lanjut dari hasil asesmen terhadap data yang diusulkan oleh Dinas Sosial Kota Pekanbaru yang telah melalui verifikasi dan asesmen pekerja sosial serta pendamping rehabilitasi sosial Kota Pekanbaru.

Lebih lanjut, Ahmad Subarkah menjelaskan bahwa kehadiran Balai sebagai bentuk kerjasama pemerintah pusat dan daerah dalam sinergitas program penanganan masalah-masalah di masyarakat.

"Ini sejalan dengan slogan Kemensos Hadir, yaitu hadir di tengah-tengah masyarakat, hadir untuk bisa membantu masyarakat yang manfaatnya bisa dirasakan secara luas oleh masyarakat. Hal ini sesuai pesan Ibu Menteri Sosial, Tri Rismaharini, dimana balai-balai Kementerian Sosial, sebagai garda terdepan diharapkan merespon cepat permasalahan-permasalahan sosial di masyarakat. Kami harap kedepannya ada MoU sebagai layanan integratif dalam keterlibatan OPD di Kota Pekanbaru," jelas Ahmad.

Disamping itu, Wakil Walikota Pekanbaru menyampaikan, "Hari Kesetiakawanan ini harus terus kita tingkatkan apalagi di masa COVID-19 ini, dan juga saling bersinergi dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial yang ada dan tentunya Saya sebagai Wakil Walikota Pekanbaru, sangat mendorong kerjasama dengan Balai Abiseka yang berada di Kota Pekanbaru ini. Balai "Abiseka" selama ini telah banyak memberikan kontribusi dalam penanganan PPKS di Kota Pekanbaru. Saya juga sebagai Ketua Penanggulangan Aids Kota Pekanbaru, memberikan apresiasi karena sudah memberikan layanan kepada Anak dengan HIV/Aids di Kota Pekanbaru," ucap Ayat Cahyadi.

Bersamaan dengan memperingati HKSN 2021, Pekerja Sosial Masyarakat di Kota Pekanbaru juga mengadakan Kegiatan Bakti Sosial berupa Donor Darah bekerjasama dengan PMI Kota Pekanbaru.

Penulis :
Humas Ditjen Rehabilitasi Sosial
Editor :
Intan Qonita N
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :