Tagana Bersama Satgas PB dan Damkar Pringsewu Bantu Pengeringan Rumah Warga Terdampak Banjir

  • Tagana Bersama Satgas PB dan Damkar Pringsewu Bantu Pengeringan Rumah Warga Terdampak Banjir
  • PRINGSEWU 3 EDIT
PRINGSEWU (05 Januari 2022) - Hampir dua Jam terjadi hujan deras di wilayah Kabupaten Pringsewu pada sore menjelang petang. Tak terkecuali di wilayah Dusun I Pekon Sukoharjo III Barat hingga mengakibatkan Banjir dan beberapa rumah warga terendam air. Namun penyebabnya bukan hanya derasnya hujan tapi terdapat beberapa Got atau Drainase yang tersumbat oleh Sampah serta pendangkalan. 

Tim Satgas Penanggulangan Bencana dan Satria Biru Pemadam Kebakaran Kabupaten Pringsewu bersama Tagana dan unsur aparatur Pekon langsung terjun ke lokasi dan membantu warga masyarakat melakukan penyedotan sekaligus pengeringan di salah satu rumah warga yang terdampak. 

"Dari sore hari kami pantau perkembangan dan ketika hujan sudah reda, kami langsung ke lapangan untuk koordinasi, penanganan serta memastikan tidak adanya korban jiwa, ujar Agus Purnomo Koordinator Tim BPBD Kabupaten Pringsewu. 

Terdapat 6 rumah warga milik Bapak Sunoto Bapak Romli, Mbah Kamsiah, Bapak Marsudi, Bapak Purwanto dan Bapak Beni di Dusun I yang terendam air dan membutuhkan bantuan penyedotan, pengeringan serta pembersihan, sementara Tim BPBD dan Damkar dan dibantu anggota Tagana melakukan penanganan membantu penyedotan dan pengeringan, Tim Tagana lainnya melakukan penyisiran dari rumah kerumah melakukan pengecekan didampingi Bayan atau Kepala lingkungan setempat. 

" Kami bersama Bayan menyisir dari rumah ke rumah guna memastikan tidak ada lagi rumah yang terendam dan membutuhkan bantuan, ujar Goesno Budiarto anggota Tagana wilayah Sukoharjo. 

Nampak juga Gunawan selaku Kepala Pekon dan aparatur Pekon lainnya memberikan bantuan dan semangat kepada seluruh Tim yang terlibat seraya mengajak warga sekitar esok harinya agar bergotong royong untuk membersihkan Saluran Air, Drainase yang tersumbat dan terjadi pendangkalan di beberapa tempat.

Penulis :
Dinsos Pringsewu
Editor :
Annisa YH
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :