Terima Bantuan Sosial RS Rutilahu, Penerima Manfaat di Bangka Barat Perbaiki Rumah Jadi Layak Huni

  • Terima Bantuan Sosial RS Rutilahu, Penerima Manfaat di Bangka Barat Perbaiki Rumah Jadi Layak Huni
  • WhatsApp Image 2021-12-15 at 4.49.01 PM (3)
  • WhatsApp Image 2021-12-15 at 4.49.01 PM (2)
  • WhatsApp Image 2021-12-15 at 4.49.01 PM (1)
  • WhatsApp Image 2021-12-15 at 4.49.01 PM
  • WhatsApp Image 2021-12-15 at 4.48.36 PM
  • WhatsApp Image 2021-12-15 at 4.48.36 PM (1)
  • WhatsApp Image 2021-12-15 at 5.09.31 PM
  • WhatsApp Image 2021-12-15 at 5.07.32 PM
  • WhatsApp Image 2021-12-15 at 5.06.04 PM
  • WhatsApp Image 2021-12-15 at 5.06.52 PM
BANGKA BARAT (13 Desember 2021) - Tinggal dengan hunian yang nyaman tidak hanya menjadi impian banyak orang tetapi juga impian masyarakat miskin dan tidak mampu. Dengan adanya rumah yang nyaman diharapkan dapat membantu memperbaiki kehidupan sosial dan ekonomi bagi masyarakat miskin dan tidak mampu di lingkungannya. 

Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial melalui Program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-Rutilahu) berupaya menciptakan kondisi hunian yang nyaman dan kehidupan sosial yang harmonis. Salah satu lokasi yang diberikan bantuan program RS Rutilahu berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tepatnya di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat. (13/12).

Dengan bantuan RS-Rutilahu yang diberikan kepada penerima manfaat di Kelurahan Tanjung, mereka sudah mulai membeli bahan bangunan serta melakukan pengerjaan rehabilitasi rumah mereka. Salah satu penerima manfaat program RS Rutilahu tersebut bernama Ibu Misni (50) yang merupakan seorang ibu tunggal dengan dua anak yang bekerja sebagai nelayan. Ia menyampaikan bahwa ia mendapatkan informasi sebagai penerima bantuan RS Rutilahu setelah ia pulang melaut. Mendapatkan informasi tersebut, Misni dibantu oleh ketua kelompok dan pihak dinas sosial Kabupaten Bangka Barat melakukan pencairan bantuan, membeli bahan bangunan, hingga secara bergotong royong dibantu oleh berbagai pihak merehabilitasi rumahnya yang sebelumnya rusak menjadi layak.

Dengan adanya bantuan tersebut, Misni berharap agar kedepannya ia bersama dengan kedua anaknya dapat hidup dengan lebih baik di rumah yang layak. “inginnya rumah bisa ditempati saya dengan dua anak saya jadi lebih bagus dan nyaman,” Kata Misni.

Selain Misni, terdapat pula penerima bantuan RS Rutilahu bernama Ibu Muliana (65) dan Bapak Azmi (70) yang merupakan Lansia di lokasi tersebut. Keduanya bersyukur mendapatkan bantuan tersebut dengan harapan mendapat hunian yang sebelumnya rusak menjadi layak. “Syukur alhamdulillah kami dibantu tadi (RS-Rutilahu) dan dibantu perbaikan rumahnya,” kata Muliana.

Baik Misni, Muliana, dan Azmi serta penerima manfaat RS Rutilahu lainnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden, Joko Widodo dan Menteri Sosial, Tri Rismaharini atas bantuan yang mereka terima.

Ditemui di lokasi pembangunan RS Rutilahu di Kelurahan Tanjung, Kepala Bidang Linjamdayasos dan PFM Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bangka Barat, Saiful Fahmi berharap dengan diberikan Bantuan RS Rutilahu ini, para penerima manfaat dapat memiliki hunian yang lebih layak. “Harapan kami dengan adanya bantuan Rutilahu ini, secara kediaman mereka sudah bisa diantisipasi ya, yang tadinya rumah mereka tidak layak menjadi layak,” kata Saiful.

Ia pun juga berterima kasih kepada Presiden dan Menteri Sosial atas bantuan yang diberikan di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat yang sekaligus menjadi lokasi kegiatan Hari Kesetiakawan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2021. “Mudah-mudahan ini menjadi motivasi mereka (penerima manfaat) untuk bisa hidup lebih baik lagi kedepan, juga dengan banyaknya bantuan yang dikucurkan dengan adanya HKSN yang diselenggarakan di Bangka Barat ini membawa suatu rahmat berkah bagi kami masyarakat Bangka barat, terima kasih Bapak Presiden, Ibu Mensos mudah-mudahan menjadi amal jariah untuk kita semua,” kata Saiful.

Penulis :
UHH Setditjen PFM
Editor :
Annisa YH
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :