Dukung Perjuangan Atlet Paralimpik di Event APG XI 2022, Mensos Siap Bantu dengan Tongkat Pintar

Dukung Perjuangan Atlet Paralimpik di Event APG XI 2022, Mensos Siap Bantu  dengan Tongkat Pintar

SURAKARTA (26 Juli 2022) - Dalam kunjungan kerjanya ke Surakarta, Menteri Sosial Tri Rismaharini berkesempatan hadir dalam pengukuhan atlet Indonesia ASEAN Para Games (APG) XI 2022. Kehadiran Mensos di Pendapi Gede Kompleks  Balai Kota Solo, tersebut segera mendapatkan sambutan hangat dari para atlet.

Dengan sabar Mensos melayani permintaan foto bersama. Beberapa kali Mensos juga terlibat dalam berbincang hangat dengan para atlet. Hadir dalam kesempatan tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Ketua Pelaksana Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) Gibran Rakabuming Raka dan Ketua National Paralympic Committee  (NPC) Indonesia Senny Marbun.

Kepada para atlet, Mensos menyatakan kebanggaannya dengan para penyandang disabilitas yang berjuang mengharumkan nama bangsa dan negara. Sebagai bentuk dukungan, Mensos menyatakan niatnya untuk membantu atlet paralimpik yang menyandang disabilitas netra dengan memberikan tongkat penuntun adaptif.

Jajaran Kemensos telah mengembangkan inovasi pada tongkat tersebut dengan menambahkannya dengan berbagai fitur yang sangat membantu penggunanya. “Nanti saya bantu tongkat mau ya. Ini tongkat pintar. Nanti dengan tongkat ini, para atlet paralimpik yang memiliki keterbatasan penglihatan bisa mengetahui jika ada kondisi genting atau darurat di sekitarnya,” kata Mensos (25/07).

Tongkat penuntun adaptif karya para penyandang disabilitas tersebut mampu mengeluarkan peringatan baik dengan gataran, bunyi maupun suara. “Misalnya kalau ada kebakaran, tongkat ini akan bicara bahwa ada api, kemudian kalau banjir juga akan bicara jika di depan ada air. Juga kalau ada objek di depan, seperti pohon atau tiang listrik juga bisa mendeteksi,” kata Mensos.

Tongkat tersebut juga dilengkapi dengn sirine yang akan berbunyi dalam kondisi darurat seperti ada gempa atau bencana lainnya. “Tongkat ini juga dilengkapi dengan GPS. Jadi kalau misal hilang, pihak keluarga bisa melacak melalui GPS yang ada di tongkat tersebut,” kata Mensos.

Ia berharap dengan bantuan tongkat tersebut akan semakin meningkatkan prestasi para atlet. “Harus tambah berprestasi lho ya. Saya yakin kalian bisa juara umum . Semangat ya,” katanya.  APG Solo 2022 akan dimulai 30 Juli hingga 6 Agustus. Sebagai tuan rumah Indonesia membidik target jadi juara umum.

Di hadapan para atlet, Mensos menyatakan kekagumannya. Di tengah keterbatasan, mereka berlaga meraih prestasi. “Tapi kalau pas kalian bertanding, saya ngga tega melihatnya,” katanya.

Kemensos akan melakukan pendataan terlebih dahulu berapa banyak atlet yang akan mendapartkan bantuan tongkat. “Sementara ada 18 batang, tapi kita tunggu pendataannya,” ucap Risma. Rencananya bantuan tongkat tersebut akan disalurkan Kemensos melalui Ketua Pelaksana INASPOC Gibran Rakabuming Raka sebelum diteruskan kepada atlet. 



Penulis :
Biro Humas

Bagikan :