Anak-anak Erosaman Asmat Senang Bisa Menikmati Listrik dan Internet

Anak-anak Erosaman Asmat Senang Bisa Menikmati Listrik dan Internet
EROSAMAN (31 Juli 2022) - Arman (12 tahun) dan Salfina (13 tahun) gembira, sebab kampungnya, Erosaman sudah terang dan bisa internet-an. Mereka dapat bantuan berupa Balai Sosial beserta perlengkapanya dari Kementerian Sosial.

Erosaman, Papua menjadi salah satu lokasi rangkaian Hari Anak Nasional (HAN) 2022. Hal ini karena Menteri Sosial, Tri Rismaharini ingin agar semua anak, tidak terkecuali punya hak yang sama, hak untuk terlindungi, bebas berkreasi, beraktivitas dan gembira.

Erosaman merupakan satu dari tiga kampung di Kabupaten Asmat, Papua yang mendapatkan bantuan balai sosial lengkap dengan sarana pendukung lainnya seperti penerangan panel surya (solar cell), Smart TV 82 inchi, standing TV, Speaker TV (Home Theater), parabola dan paket internet.

Selain itu juga balai sosial dilengkapi meja belajar lipat, buku tulis, buku gambar, crayon, pensil, puzzle, buku baca agama katolik, buku baca tentang budi pekerti, papan tulis, lemari buku, perlengkapan dapur hingga karpet,

"Saya senang kakak, jadi bisa belajar, bisa internet. Sudah besar saya mau jadi guru," ungkap Salfina, anak kelas 4 di SD Inpres Kumurai, Kampung Amkum Distrik Derkoumur, Asmat.

Balai sosial ini selanjutnya dikelola dan dirawat oleh kepala kampung yang sehari-harinya digunakan anak-anak untuk bermain dan belajar bersama.

Rangkaian Hari Anak Nasional tahun 2022 digelar Kemensos, tidak hanya di Lombok Timur yang didapuk menjadi lokasi puncak acara, tapi juga beberapa titik termasuk lokasi komunitas adat terpencil.

Arman  dan Salfina hanyalah dua dari puluhan anak dikampungnya yang merasakan manfaat bantuan yang diberikan oleh Kementerian Sosial.

Kegembiraan mereka bertambah karena pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2022, kampung Erosaman menjadi salah satu tempat pelaksanaan peringatan HAN di Kabupaten Asmat. Selama seminggu mereka mengikuti berbagai rangkaian kegiatan dimulai senam pagi, belajar mandi dan gosok gigi, belajar membaca dan berhitung, mewarnai, nonton TV bersama, makan bersama, bermain bola serta bermain permainan tradisional lainnya.

"Saya suka belajar gosok gigi kakak, biar bersih dari sisa makanan," tutur Salfina sambil menunjuk giginya yang sudah bersih di hadapan teman-temannya.

Didampingi guru sekolahnya, anak-anak antusias mengikuti penyuluhan kesehatan bagaimana mencuci tangan yang baik dan benar, mandi yang bersih menggunakan sabun, selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat serta makan makanan bergizi.

Anak-anak di kampung Erosaman pada kegiatan peringatan HAN tahun  ini juga mendapatkan bantuan paket seragam sekolah, buku-buku, paket makanan dan minuman bergizi, peralatan permainan tradisional serta paket pakaian dan peralatan mandi yang bisa mereka gunakan sehari-hari.

Kegembiraan dan keceriaan anak-anak menjadi modal mereka untuk tetap semangat menuntut ilmu serta meraih cita-cita mereka. Karena masa depan Papua, Indonesia berada di pundak mereka.

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Sosial RI


Penulis :
Biro Humas

Bagikan :