Anak-anak Kampung Erosaman Antusias Rayakan HAN 2022

Anak-anak Kampung Erosaman Antusias Rayakan HAN 2022

EROSAMAN (31 Juli 2022)  - Tanggal 23 Juli setiap tahunnya dirayakan sebagai Hari Anak Nasional (HAN).

Tahun ini Hari Anak Nasional mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Tema yang diusung Kementerian Sosial ini sebagai wujud upaya melindungi dan mendorong semua anak indonesia menjadi anak-anak yang hebat.

Rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional dilaksanakan mulai tanggal 24 Juli dan acara puncak padal 1 Agustus 2022 di Lombok Timur.

Selain itu kegiatan HAN juga dirayakan pada 11 titik lokasi di seluruh Indonesia, salah satunya di Kampung Erosaman Distrik Derkomor, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan.

Kegiatan HAN di Erosaman digalang oleh Direktorat Pemberdayaan Kelompok Rentan, Direktorat Anak, Sentra Gau Mabaji dan didukung penuh oleh Dinas Sosial Kabupaten Asmat.

Pada momentum tersebut diselenggarakan berbagai permainan bersama anak-anak Erosaman, sepak bola, permainan ular naga panjang, permainan kelereng, bola volli, senam bersama, dan lomba mewarnai.

Gelora semangat anak-anak kampung untuk mengikuti kegiatan begitu terasa, mengikuti permainan yang menciptakan kebersamaan dan kehangatan yang tidak dijumpai pada permainan teknologi anak-anak milenial.

Tak hanya itu, dilakukan juga pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan untuk anak-anak.

Ketua Tim Kesehatan Puskesmas Kamur dr.Siska memberikan penyuluhan tentang prilaku hidup bersih dan sehat, penanganan jika terjadi diare, dan nutrisi yang baik dan seimbang untuk kesehatan.

Selain itu, anak-anak yang belum terdaftar dalam catatan kependudukan juga didata untuk dilaporkan ke Dukcapill untuk membantu pemenuhan kebutuhan hak sipil anak.

Sebanyak 253 paket bantuan diserahkan dari Kementerian Sosial melalui Sentra Gau Mabaji Gowa untuk anak-anak di Erosaman.

Terdiri dari 100 paket perlengkapan sekolah, 211 paket perlengkapan kebersihan diri dan tambahan nutrisi, serta 42 paket bantuan untuk perlengkapan balita.

Kepala Sentra Gau Mabaji Subhan Kadir berpesan agar anak-anak Erosaman bersemangat belajar dan percaya diri.

 "Anak-anak dan masyarakat Erosaman harus pecaya diri menatap masa depan, Kementerian Sosial akan selalu hadir untuk memberikan dukungan," kata Subhan di sela penyerahan bantuan.

Paket pemberdayaan juga diberikan kepada 50 orang kepala keluarga berupa alat tangkap ikan. Sedangkan untuk anak remaja diberikan 4 buah bola kaki, 2 buah bola volly dan satu buah net.

"Masyarakat dan anak-anak sangat antusias, mereka membangun lapangan volly dengan bergotong royong. Setiap sore suasana nampak ramai dan meriah dengan permainan olah raga,"ujar dia.

Selfina (10 tahun) salah seorang anak Erosaman mengungkapkan rasa suka citanya.

"Kami sangat senang kakak-kakak dari Kemensos datang kesini, setiap hari kami bermain bersama dan sekarang sudah dapat sepatu dan seragam untuk ke sekolah," katanya sambil tersenyum.

Kepala Dinas Kabupaten Asmat, Amir Makhmud berharap bantuan tersebut dapat membuat anak semakin bersemangat dalam meraih cita-cita sehingga bisa menjadi cikal bakal pemimpin Kabupaten Asmat kedepannya.

"Mudah-mudahan anak-anak tambah rajin belajar demi meraih cita-cita," pungkasnya.


Penulis :
Humas Ditjen Rehabilitasi Sosial
Editor :
Intan Qonita N

Bagikan :