Anak Bertam Bahagia, Horee, Seragam Sekolahku Baru

Anak Bertam Bahagia, Horee, Seragam Sekolahku Baru

BERTAM (30 Juli 2022) - Kegembiraan terlukis di setiap wajah anak-anak di Pulau Bertam, Pulau Garo dan Pulau Kaso. Bagaimana tidak, mereka kini punya seragam sekolah baru yang dibagikan oleh Kementerian Sosial pada Rabu (27/7).

Dengan sigap dan riang gembira mereka ikut bergotong royong mengangkat karung yang berisi seragam baru dari rumah panggung tepi anjungan pulau Bertam ke Gedung sekolah di darat.

Sekolah Darat merupakan sebutan bagi Gedung Sekolah Dasar, Balai Pertemuan dan Masjid yang dibangun pemerintah dan berada di ketinggian sekira 700 m dari arah pesisir pantai dimana masyarakat Suku Laut tinggal dan bermukim.

Sebagian dari mereka bahkan terlihat tidak sabar ingin segera mencoba dan memakai seragam baru saat itu juga.

Seperti diutarakan Pebian, kelas 1 SD yang menyebut umur dua tahun saat umurnya ditanyakan, padahal tampilan fisiknya isyaratkan usia 9-10 tahun,

”…ngg, berapo ya? Tidak tahu bu. Saya suke sekali baju baru, seragam sekolah," ungkap Pebian.

Begitu juga dengan Sila (8 tahun) kelas 2 SD. “Senang, senang sekali dapat baju sekolah baru! Saye mau pakai nanti hari Senin. Kata guru, saya pakai hari Senin. Hari Senin, masih lamakeh bu?," Tuturnya

Menteri Sosial Tri Rismaharini sangat berkomitmen bagaimana anak - anak Indonesia bisa menikmati pendidikan dengan segala perlengkapan yang layak untuk anak sekolah.

Kehadiran Kementerian Sosial melalui Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi (STPL Bekasi) mendapat sambutan hangat dari anak-anak.

Kementerian Sosial bekerjasama dengan pihak Sekolah Dasar Negeri 006 Bertam yang merupakan kelas jauh dari SD Negeri Kaso di Pulau Kaso, menyampaikan bantuan 66 perangkat seragam merah putih untuk siswa SD.

Selain itu, Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial dan Non Alam (Dit. PSKBSNA) juga telah mendistribusikan 95 paket keperluan anak sekolah yang terdiri seragam sekolah 1 stel SD, SMP, SMU, alat tulis 1 Set (buku,pensil, bolpoin, penghapus, penggaris), tas sekolah, buku gambar dan pensil warna, sepatu dan kaos kaki

Bantuan diberikan untuk pemenuhan hak anak agar dapat tumbuh kembang dan berpartisipasi atas masa depan melalui pendidikan. Ini merupakan bagian upaya pemenuhan hak-hak anak.

Erma, Guru Sekolah pengampu belajar anak-anak juga mengungkapkan rasa syukurnya.

”Melihat kegembiraan anak-anak peroleh sepasang baju seragam baru, saya sangat haru dan bersyukur. kadang-kadang karena tidak ada baju seragam, anak-anak malu masuk sekolah. Moge, baju seragam baru dapat lebeh semangat lagi sekolah," harapnya.

Ia juga mengatakan bahwa ini hal sederhana, sepasang baju seragam sekolah berwarna merah-putih, namun sangat sarat makna.

Tentunya seragam sekolah baru ini membawa kegembiraan dan keceriaan bagi anak-anak Suku Laut yang berada di Pulau Betram, Garo dan Kaso.

Melalui program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) milik Kementerian Sosial, anak-anak Suku Laut semakin terbuka akses pendidikannya.

Memberikan aksesibilitas bagi anak-anak untuk dapat berpakaian layak saat pergi menuntut ilmu ke sekolah.

Anak-anak Suku Laut Hebat, anak Indonesia hebat!**

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Sosial RI


Penulis :
Biro Humas

Bagikan :