Antusiasme Penerima Manfaat Mengikuti Pelatihan Kewirausahaan Sosial

Antusiasme Penerima Manfaat Mengikuti Pelatihan Kewirausahaan Sosial

JAKARTA (20 September 2022) - Sebanyak 30 orang Penerima Manfaat (PM) dari Sentra Handayani di Jakarta dan Sentra Mulya di Jakarta mengikuti kegiatan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kewirausahaan Sosial yang diselenggarakan di Sentra Mulya Jaya Jakarta dari tanggal 20 hingga 23 September 2022. 


Kegiatan yang merupakan hasil kolaborasi dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Bandung dengan Sentra Handayani dan Sentra Mulya Jaya ini bertujuan untuk mengembangkan kapasitas PM dalam membangun kemampuannya agar dapat memajukan dirinya ke arah kehidupan yang lebih baik. 


Hadir dalam pembukaan kegiatan pelatihan tersebut Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial RI Harry Hikmat, Kepala BBPPKS Bandung Toto Restuanto Sembodo, Kepala Sentra Handayani di Jakarta Romal Sinaga dan Kepala Sentra Mulya Jaya di Jakarta Adrianus Alla. 


Dalam arahannya Harry menyampaikan bahwa kegiatan ini harus diikuti dengan sungguh-sungguh oleh semua peserta, "Jangan hanya sekedar mengikuti pada saat kegiatan ini saja, tapi harus dipraktekkan dan terus berkelanjutan sehingga usaha kalian bisa semakin maju", ujarnya. Selain itu Harry menyatakan harus ada sinergi antar Balai dan Sentra dalam melaksanakan kegiatan untuk pengembangan PM, "Harus terus ada dukungan dari berbagai pihak untuk terus mendukung program-program Sentra", pungkasnya.


Dalam kegiatan tersebut, Harry berkesempatan untuk mencicipi berbagai olahan pangan dari para PM seperti juice, lupis dan juga mie ayam. Selain itu Harry juga berdialog dengan Tati Hartati, salah seorang peserta yang merupakan eks "manusia silver" yang  matanya hampir buta karena terkena zat pewarna.


Pada kesempatan ini Tati yang telah mendapatkan bantuan Atensi kewirausahaan toko kelontong menyatakan senang dapat mengikuti kegiatan pelatihan kewirausahaan. "Ini bisa bantu saya untuk menjalankan usaha yang sudah di kasih sama Ibu Menteri Sosial", imbuh Tati. 


Dalam kegiatan ini dihadiri oleh narasumber yang sudah berpengalaman di bidangnya seperti Rita, tim instruktur olahan sekaligus pemilik "Amboja Rasa Kedai dan Catering", JB. Umbar Solikah pemilik "Cemilan Ndeso" yang merupakan eks PM serta Widyaiswara dari BBPPKS Bandung.


Peserta akan mendapatkan materi pelatihan berupa membangun motivasi kewirausahaan, pengenalan olahan pangan, kebersihan pengolahan makanan dan lingkungan usaha, pengenalan label/label dan nomor induk berusaha, program pemberdayaan ekonomi, praktik pencatatan dan pembukuan serta praktik pengolahan/penyajian dan pengemasan makanan. Selain itu seluruh peserta juga akan mendapatkan atribut dan sertifikat yang dapat menunjang usaha mereka ke depan. 

 


Penulis :
Humas Sentra Handayani di Jakarta
Editor :
David

Bagikan :