Balai Mental “Dharma Guna” Rayakan Hari Disabilitas Internasional

  • Balai Mental “Dharma Guna” Rayakan Hari Disabilitas Internasional
  • IMG-20201127-WA0124
  • IMG-20201127-WA0127
  • 16064802767259
BENGKULU (26 November 2020) - Balai Mental “Dharma Guna” di Bengkulu milik Kementerian Sosial melaksanakan serangkaian kegiatan dalam rangka merayakan Hari Disabilitas Internasional Tahun (HDI) Tahun 2020 di Provinsi Bengkulu. Balai bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan Organisasi Non Pemerintah Pemerhati Penyandang Disabilitas yang ada di Provinsi Bengkulu dalam satu kepanitiaan untuk merayakan HDI di Provinsi Bengkulu. 

Perayaan yang dilakukan ditengah-tengah pandemi COVID-19 sudah mendapatkan izin dari Instansi yang Berwenang dan maksimal yang mengikuti kegiatan adalah 100 orang. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Perayaan HDI Tahun 2020 dilaksanakan mulai tanggal 26 November s.d 3 Desember di 3 tempat yang berbeda yaitu 
Balai Mental “Dharma Guna”, Auditorium Lembaga Penyiaran Publik RRI Bengkulu dan Puncak Kegiatan dilaksanakan di Gedung Daerah Provinsi Bengkulu. 

Hari ini merupakan rangkaian pertama kegiatan perayaan HDI 2020 yaitu Pertandingan Olahraga Badminton dan Catur. Perlombaan dilakukan di Balai “Mental” Dharma Guna” di Bengkulu. 

Dalam sambutannya, Dardi selaku Kepala Balai Mental “Dharma Guna” mengungkapkan bahwasannya kegiatan yang dilaksanakan dalam masa COVID-19 ini harus benar-benar mematuhi protokol kesehatan. 

“Semoga semangat para atlet kita ini tidak surut, selamat bertanding dengan sportif, dan semoga dari sinilah ditemukan bibit-bibit unggul untuk bertanding di kancah yang lebih tinggi lagi,” Tutur Dardi

Pertandingan akan berlangsung selama 2 hari yaitu pada tanggal 26 & 27 November 2020 di Aula Balai. Peserta kegiatan terdiri dari 4 jenis Disabilitas yaitu Disabilitas Fisik, Mental, Rungu Wicara dan Intelektual. 

Peserta yang telah terdaftar untuk pertandingan Badminton sebanyak 39 orang dan pertandingan catur sebanyak 14 orang. Peserta bertanding berdasarkan klasifikasi disabilitas sesuai dengan arahan _National Paralympic Comitee_ Provinsi Bengkulu. 

Tak hanya pertandingan olahraga, di Balai juga dilaksanakan kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah bekerjasama dengan PMI Bengkulu. Kemudian membuka _stand_ pameran hasil karya Penerima Manfaat Balai Mental “Dharma Guna”. Seluruh kegiatan dilaksanakan di titik yang berbeda untuk menghindari kerumunan di satu tempat. 

Kegiatan lainnya yang menjadi bagian dari rangkaian kegiatan perayaan HDI Tahun 2020 di Provinsi Bengkulu yaitu Talkshow, Roadshow media  bekerja sama dengan media lokal, Lomba Mewarnai, Lomba Fashion Show, Kunjungan ke Rumah Rakyat, dan Pentas Seni. 

Kegiatan ini dapat berjalan karena komitmen bersama panitia penyelenggara gabungan dan para sponsor untuk memastikan bahwa perayaan setahun sekali yang selalu dinantikan oleh Para Penyandang Disabilitas akan dapat berjalan meskipun dengan banyak batasan. 

Mengusung tema “Membangun Kembali Kehidupan yang Lebih Baik, Lebih Inklusif, Lebih Aksesibel dan Berkelanjutan Pasca Pandemi COVID-19” Perayaan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2020 memiliki harapan bahwa Para Penyandang Disabilitas dapat terus berkembang dan berkarya dengan ditunjang berbagai sarana dan prasarana yang memadai guna mendukung mereka memaksimalkan potensi yang ada dalam diri.

Penulis :
Humas Balai "Dharma Guna" Bengkulu
Editor :
David Myoga

Bagikan :