BRSPDI "Nipotowe" Lakukan Terapi Psikososial

  • BRSPDI "Nipotowe" Lakukan Terapi Psikososial
  • IMG-20191009-WA0117
  • IMG-20191009-WA0118
  • IMG-20191009-WA0120
  • IMG-20191009-WA0119
PALU (9 Oktober 2019) - Kejenuhan akibat padatnya kegiatan sering dialami oleh penerima manfaat Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektua (BRSPDI) "Nipotowe" Palu. Oleh karena itu, keluarga besar BRSPDI "Nipotowe" Palu melaksanakan kegiatan widyawisata di Pantai Taipa, Kota Palu. Sebagai bagian dari Terapi Psikososial, kegiatan widyawisata menjadi agenda rutin yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat penerima manfaat dalam mengikuti kegiatan di dalam Balai.

Antusiasme penerima manfaat terlihat sejak pukul 07:30 WITA yang terlihat sudah berkumpul di depan kantor untuk persiapan berangkat. Sebanyak 35 penerima manfaat berangkat menggunakan satu bus, dan satu minibus (UPSK) untuk menuju lokasi.

Kegiatan Widyawisata tidak hanya diisi dengan kegiatan berlibur ke tempat wisata, melainkan diwarnai dengan beberapa permainan kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan kekompakan, ketelitian, kreativitas, kecepatan, konsentrasi dan daya ingat diasah dalam setiap permainan.

Pada permainan pertama, penerima manfaat mencoba kekompakkan mereka di masing-masing kelompok dengan melakukan estafet karet gelang yang diambil dari piring yang berisi tepung. Tampak raut muka yang sudah berlumur tepung tidak menyurutkan semangat mereka untuk terus berkompetisi. Karet gelang yang didapatkan dari piring tadi diestafetkan kepada temannya menggunakan sedotan minuman. Kecepatan dan konsentrasi mereka diuji dalam permainan ini.

Ketelitian dan daya ingat diasah pada permainan kedua yaitu menyusun puzzle. Dengan menyusun puzzle untuk membentuk persegi, mereka tampak kesulitan meskipun diawal permainan sudah ditunjukkan bagaimana bentuk jadinya. Sementara, dalam permainan terakhir, penerima manfaat diminta untuk mengeluarkan bola yang ada di dalam pipa paralon yang berlubang-lubang di setiap sisinya. Dengan memasukkan air sebanyak mungkin, serta menutupi semua lubang yang ada, mereka akan berhasil untuk mendapatkan bolanya. Kerjasama antar anggota kelompok sangat menentukan permainan.

Penerima manfaat juga diberikan waktu untuk berenang di kolam renang yang disediakan. Meskipun matahari begitu terik siang ini, mereka tidak goyah untuk tetap menikmati bermain air di dalam kolam.

"Hari ini saya senang bisa bermain bersama teman-teman," ucap singkat Zulkifli, salah satu penerima manfaat BRSPDI "Nipotowe" Palu menyampaikan pesan dan kesan selama kegiatan Widyawisata.

Kegiatan Widyawisata dilanjutkan dengan makan bersama, serta pengumuman pemenang permainan yang telah dilaksanakan. Tidak lupa masing-masing kelompok beradu yel-yel yang telah mereka siapkan. Menutup kegiatan, seluruh penerima manfaat beserta pegawai berfoto bersama.

Penulis :
Humas BRSPDI "Nipotowe" Palu
Editor :
Aryokta Ismawan
Penerjemah :
Alika Sandra; Karlina Irsalyana

Bagikan :