BRSPDSN “Tumou Tou” Berikan Alat Bantu untuk Penyandang Disabilitas

  • BRSPDSN “Tumou Tou” Berikan Alat Bantu untuk Penyandang Disabilitas
  • 15706234603905
  • 15706233522707
MINAHASA RAYA (9 Oktober 2019) - Rona bahagia terpancar dari wajah Sweny Tumundo salah satu Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (PDSN) yang mendapatkan alat bantu dari Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) “Tumou Tou” di Manado.

Sweny menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Sosial RI yang telah memberikan alat bantu berupa smartphone talkback dan tongkat tuna netra.

“Terimakaseh Kementerian Sosial so memberikan alat-alat bantu for torang Penyandang Disabilitas. Alat bantu ini sangat berguna untuk mempermudah kehidupan torang Penyandang Disabilitas Netra,” tegasnya dengan logat Minahasa yang kental.

Tahun 2019 BRSPDSN “Tumou Tou” akan memberikan 75 alat bantu bagi PDSN di 12 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Utara yang akan disalurkan pada bulan Oktober. Pada hari Rabu (9/10) telah disalurkan alat bantu bagi PDSN di wilayah Kota Manado, Kabupaten Minahasa, dan Kota Tomohon.

Yayat Supriatna selaku Kasie Layanan Rehabilitasi Sosial BRSPDSN “Tumou Tou" Manado menjelaskan alat bantu yang diberikan kepada PDSN adalah smartphone talkback,  jam tangan braile dan tongkat tuna netra.

“Alat bantu tersebut merupakan kebutuhan PDSN berdasar asesmen dan verifikasi Tim dari BRSPDSN “Tumou Tou”, Dinsos Provinsi, serta Dinsos Kabupaten/Kota,” terangnya.

Yayat mengatakan berbagai aplikasi pada smartphone talkback sangat memudahkan PDSN. Terdapat aplikasi seperti pengalih pesan teks menjadi pesan suara, pendeteksi nominal uang, pendeteksi keaslian uang dan berbagai aplikasi lainnya.

“Sementara itu, jam tangan braile sangat dibutuhkan PDSN untuk mengetahui waktu, dan tongkat netra dibutuhkan dalam orientasi dan mobilitas PDSN,” tambahnya.

Selain Wilayah Sulawesi Utara, BRSPDSN “Tumou Tou” juga akan memberikan 60 alat bantu bagi PDSN di Provinsi Papua Barat.

Penulis :
Humas BRSPDSN "Tumou Tou” Manado
Editor :
Aryokta Ismawan
Penerjemah :
Alika Sandra; Karlina Irsalyana

Bagikan :