BRSPDSRW “Melati” Salurkan BanTu Alat Bantu Dengar (ABD)

  • BRSPDSRW “Melati” Salurkan BanTu Alat Bantu Dengar (ABD)
  • 15711688448312
  • 15711688337868
  • 15711688527179
JAKARTA (15 Oktober 2019) - Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara (BRSPDSRW) “Melati” Jakarta menyelenggarakan penyerahan Alat Bantu Dengar (ABD) di Aula BRSPDSRW “Melati” Jakarta kepada 60 orang Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara (PDSRW) yang berasal dari berbagai daerah di DKI Jakarta.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Sosial Pemprov DKI Jakarta,  Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat. Alat Bantu Dengar (ABD) menjadi kebutuhan utama dalam upaya mengurangi hambatan berkomunikasi yang dihadapi oleh PDSRW. Alat ini membantu seseorang yang memiliki gangguan pendengaran dengan memperkuat atau memperbesar suara sehingga membantu penggunanya untuk dapat mendengar lebih jelas. 

Kepala BRSPDSRW “Melati” Jakarta, Pujiyanto, dalam sambutannya menghimbau agar ABD yang telah didapatkan nantinya dapat dijaga dan dipelihara sebaik-baiknya. “Penggunaan ABD tetap harus dimaksimalkan fungsinya dengan melakukan terapi wicara kepada PDSRW sehingga perkembangan kognitif, emosi dan interaksi sosial mereka tetap berjalan sebagaimana mestinya”. Peran orang tua penting dalam mendukung optimalisasi penggunaan ABD bagi anak-anak PDSRW, dengan mengajarkan putra putrinya mengenal suara dan memfasilitasi anak untuk dapat mengikuti terapi wicara sehingga dapat diwujudkan masa depan yang lebih baik untuk mereka. 

Kegiatan penyaluran ABD dilakukan melalui serangkaian tahapan sesuai prosedur layanan, yaitu tahapan pemeriksaan tingkat pendengaran, otoskopi, fitting sampai dengan edukasi dan sosialisasi after care bagi keluarga PDSRW. Dalam kegiatan hari ini, PT. ABDI kembali didaulat menjadi mitra kerja balai yang kompeten dalam menyediakan segala fasilitas yang dibutuhkan sesuai standar dan kebutuhan PDSRW.

Penulis :
Humas BRSKPN "Melati" Jakarta
Editor :
Annisa YH
Penerjemah :
Alika Sandra; Karlina Irsalyana

Bagikan :